Peringati Hari Kartini, ASN Perempuan Kenakan Kebaya

Kota Bima, Kahaba.- Tanggal 21 April merupakan hari yang bersejarah bagi kaum perempuan Indonesia. Bagaimana tidak, hari tersebut menjadi hari nasional yang biasa diperingati sebagai hari Kartini.

ASN Perempuan mengenakan Kebaya di Hari Kartini. Foto: Hum

ASN Perempuan mengenakan Kebaya di Hari Kartini. Foto: Hum

Bukan tanpa hikmah, peringatan hari Kartini biasa dimaknai sebagai aktualisasi simbol kemerdekaan perempuan dari kebodohan dan keterkungkungan peran dalam suatu masyarakat. Hal ini terinspirasi dari kuatnya kemauan seorang Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan hak-haknya di tengah lingkungan masyarakat yang ‘kolot’.

Di Pemerintah Kota Bima, meskipun peringatan Hari Kartini tahun ini tanpa upacara seperti pada tahun sebelumnya, namun para ASN perempuan mengaktualisasikan peringatan Hari Kartini dengan mengenakan kebaya dan apel gabungan di SKPD masing-masing.

“Harus diakui, Kartini telah banyak menginspirasi kaum perempuan masa kini, dan yang paling mudah diangkat sebagai contoh kongkret, dalam bidang pendidikan, dimana tidak ada lagi sekat antara perempuan dan haknya untuk mendapatkan pendidikan sejauh ia mampu,” ujar Ihya Ghazali, Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, melalui Rilisnya.

Bahkan, tidak sedikit kaum wanita memiliki kegigihan dan prestasi lebih dari kaum pria dalam berbagai bidang akademik. Demikian juga halnya terkait kesetaraan hak dalam suatu tatanan masyarakat telah sampai pada puncaknya, di mana wanita bebas untuk memilih peran sesuai dengan apa yang disuka dan dicita-citakan.

“Di hari Kartini ini, marilah kita mengenang jasa jasa dan kiprah perjuangan sosok wanita lain yang perjuangan dan dedikasinya tidak pernah diungkap sejarah. Mereka adalah ibu kita, nenek kita dan perempuan perempuan hebat dalam kehidupan ini. Wanita adalah kekuatan hidup bagi laki laki. Selamat untuk para perempuan. Selamat Hari Kartini, Jayalah para perempuan Indonesia,” katanya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *