Semangat Berwirausaha Harus Terus Dibangkitkan

Kota Bima, Kahaba.- Geliat wirausaha di Kota dan Kabupaten Bima perlahan mulai tumbuh dan berkembang. Seiring dengan itu, paradigma masyarakat tidak lagi terpaku pada perebutan lapangan kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun aparatur pemerintahan.

Bachtiar, wirausaha muda saat bercerita tentang kesuksesannya. Foto: Ady

Bachtiar, wirausaha muda saat bercerita tentang kesuksesannya. Foto: Ady

“Semangat berwirausaha ini harus terus kita bangkitkan melalui pelatihan seperti ini sehingga wawasan generasi muda kita terbuka,” kata Kepala PLUT Kota Bima, H Yusuf saat membuka kegiatan Pesta Calon Enterpreneur Muda Bima yang digelar Komunitas Babuju, Sabtu (23/4).

Selama ini kata dia, sudah cukup banyak generasi muda yang terjun ke dunia usaha. Hanya saja, banyak kendala yang dihadapi saat merintis usaha. Diantaranya, kekurangan modal, belum punya pengalaman, manajemen yang buruk dan tidak mampu bertahan menghadapi tantangan.

Beberapa kendala tersebut menurutnya, kerap mematahkan semangat calon usahawan muda. Akhirnya sering jatuh bangun dan memilih menutup usaha lebih awal.

“Karena itu, pelatihan enterpreneur yang digelar Komunitas Babuju hari ini sangat bermanfaat untuk memotivasi calon usahawan maupun usahawan pemula agar memiliki pengetahuan dalam merintis usaha apapun,” terangnya.

Dirinya berharap, melalui pelatihan selama dua hari itu bisa melahirkan usahawan baru dan membangkitkan semangat usahawan pemula. Dengan begitu, ke depan banyak lapangan pekerjaan baru terbuka untuk menghadapi tantangan global.

Pada hari pertama pelatihan, diisi oleh narasumber yang juga enterpreneur muda baru di Bima. Yakni Bahtiar, Chandra Kusuma, H Ricky Hartono dan Nasrin H Muhtar. Mereka berbagi pengalaman dan cerita motivasi tentang usaha yang dirintis hingga berbuah kesuksesan.

Pada hari kedua, Minggu (24/4) pagi akan dilanjutkan dengan Focus Group Disscusion (FGD) yang dipandu H Ricky Nasri. Kemudian pemetaan sumber daya alam Kabupaten Bima oleh Rangga Babuju.

Dilanjutkan strategi, mindset dan peluang usaha oleh Ibnu Khaldun, media sebagai strategi pemasaran produk oleh Khairudin M Ali, strategi jitu produk inovatif oleh Hadi Santoso dan ditutup dengan cerita pengalaman usaha bersama Anang Zainy.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *