Maman Pimpin PAN Kabupaten Bima?

Kabupaten Bima, Kahaba.- Teka-teki siapa pimpinan baru DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bima kini mulai terjawab. Kendati belum ada pengumuman resmi, namun nama M Aminurlah atau akrab disapa Maman disebut-sebut telah terpilih menjadi Ketua Umum DPD PAN Kabupaten Bima.

Anggota DPRD Kabupaten Bima M Aminurlah. Foto: Bin

Anggota DPRD Kabupaten Bima M Aminurlah. Foto: Bin

Informasi ini mengemuka sejak seminggu terakhir. Tak hanya di lingkup pengurus PAN, tetapi juga di lingkup DPRD Kabupaten Bima. Seperti diketahui, mekanisme pemilihan Ketua PAN memang tak lagi menggunakan sistem demokrasi. Melainkan melalui sistem formatur.

Ada lima figur yang masuk dalam unsur formatur yang diajukan saat Musda VII beberapa waktu lalu. Mereka inilah yang berhak menetapkan siapa Ketua DPD PAN. Mereka adalah Ady Mahyudi, Sukrin HT, M Natsir, M Aminurlah dan satu perwakilan dari DPW PAN NTB.

Sesuai ketentuan, Ketua DPD PAN Kabupaten Bima tidak boleh keluar dari lima unsur formatur ini. Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, hasil musyawarah anggota formatur ditingkat daerah mengerucutkan dua nama yang sama-sama kuat. Yakni Ady Mahyudi dan Maman.

Lantaran tidak mencapai kesepakatan untuk menetapkan satu nama, pemilihan Ketua DPD akhirnya diambil oleh DPW PAN NTB. Ditingkat DPW pun demikian, tidak diperoleh hasil kesepakatan atau deadlock sehingga kewenangan diambil alih oleh DPP PAN.

Setelah melalui dinamika dan pembahasan alot, DPP PAN disinyalir akhirnya menetapkan Maman sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Bima. Pria asal Sape ini menyingkirkan Ady Mahyudi yang juga Mantan Ketua DPD PAN Kabupaten Bima dua periode.

Bagaimana tanggapan Maman terkait informasi ini? Saat ditemui wartawan, Senin (25/4) pagi di Kantor DPRD Kabupaten Bima, Maman tidak banyak berkomentar. Politisi yang dikenal vokal ini hanya melemparkan senyum mengisyaratkan informasi tersebut benar adanya.

“Saya belum ingin berkomentar soal informasi ini. Alangkah baiknya, informasi tersebut ditanyakan langsung ke DPP biar jelas dan tidak membias,” saran Maman.

Salah satu unsur DPP PAN yang juga Anggota DPR RI, Muhammad Syafrudin saat dikonfirmasi via handphone dan pesan singkat hingga kini belum merespon pertanyaan wartawan.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *