PKK Kecamatan Sape Juara Lomba Masak Serba Ikan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tim Penggerak PKK Kecamatan Sape berhasil mencatatkan diri pada posisi teratas, dengan menyisihkan 17 Kecamatan lain pada kegiatan Lomba Masak Serba Ikan, yang merupakan kerjasama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima.

Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan menyerahkan aket PMTAS. Foto: Hum

Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan menyerahkan aket PMTAS. Foto: Hum

Pada lomba yang berlangsung Rabu (4/5) di Paruga NaE Sape itu, 4 orang Tim juri yang terdiri dari Tim Penggerak PKK provinsi dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima menilai hasil karya masing-masing kecamatan berdasarkan kriteria rasa, bau, tampilan, ide menciptakan kreasi, kandungan protein dan vitamin.

Berdasarkan kriteria tersebut, dewan juri menetapkan Tim Penggerak PKK Kecamatan Sape sebagai juara I. Juara II ditempati TP PKK Kecamatan Donggo, juara III TP. PKK Kecamatan Woha. Sedangkan posisi selanjutnya masing-masing ditempati oleh Kecamatan Wawo, Bolo, Langgudu, Palibelo, Monta, Wera, dan Madapangga. Sedangkan juara favorit diraih Tim Penggerak PKK Kecamatan Sanggar.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARI) ini mengambil tema ‘Kita Tingkatkan Selera Makan Anak Untuk Pemenuhan Asupan Gizinya Anak Menuju Generasi Sehat, Cerdas dan Kuat’.

Di hadapan para kepala SKPD, Camat Se-Kabupaten Bima, pengurus TP. PKK serta 500 anak penerima makanan tambahan anak sekolah (PMTAS),  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan mengatakan, gerakan memasyarakatkan makan ikan melalui pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah yang dirangkai dengan lomba ini, disamping merupakan upaya meningkatkan status gizi masyarakat terutama anak sekolah, juga merupakan salah satu mata rantai penyerapan hasil perikanan yang dihasilkan oleh masyarakat.

“Mengingat pentingnya peningkatan konsumsi ikan dalam upaya peningkatan status gizi masyarakat, TP PKK menyambut gembira pelaksanaan GEMARIKAN dan pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah (PMTAS) mengingat manfaat makan ikan sangat baik bagi kesehatan bagi kesehatan tubuh,” Paparnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bima Hj. Nurma dalam laporannya mengatakan kegiatan GEMARIKAN melalui pemberian makanan tambahan anak sekolah diikuti 500 murid SD se-kecamatan Sape, Sedangkan lomba masak serba ikan diikuti 18 TP PKK Kecamatan Se- Kabupaten Bima.

Kegiatan GEMARIKAN ini lanjut Nurma ditujukan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa agar sejak dini gemar mengkonsumsi ikan, mengingat komposisi nutrisi yang dikandung sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan diri anak tersebut.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengajak anak-anak usia dini agar dapat meningkatkan  konsumsi ikan sehingga tercipta generasi penerus yang sehat, kuat dan cerdas,” katanya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *