Kabar Bima

Kebutuhan Darah Sebulan di Bima, 600 Kantong

260
×

Kebutuhan Darah Sebulan di Bima, 600 Kantong

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Humas RSUD Bima, dr. H. Sucipto mengatakan, kebutuhan darah untuk pasien di lima RS dan Klinik di Bima terbilang tinggi. Dalam sebulan saja, sekitar 600 kantong darah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan transfusi darah.

Humas RSUD Bima dr. H. Sucipto. Foto: Noval
Humas RSUD Bima dr. H. Sucipto. Foto: Noval

“Sehari hari saja kita hadir dalam kegiatan donor darah yang digelar institusi atau ormas, tetap tidak cukup. Betapa besarnya kebutuhan darah untuk pasien di Bima,” ujarnya, Selasa (17/5).

Kebutuhan Darah Sebulan di Bima, 600 Kantong - Kabar Harian Bima

Menurutnya, kebutuhan transfusi darah hampir setiap hari ada di lima RS dan Klinik. Masing – masing, RSUD Bima, Sari Farma, RS Stikes Mataram, RS Muhammadiyah dan Klinik Melayu.

Darah yang diambil sehari, seperti pada kegiatan bakti sosial donor darah, tidak tersimpan lama. Darah tersebut akan habis pada hari itu juga.

Sementara jumlah pendonor sukarela yang diambil pada setiap kegiatan, hanya bisa terkumpul sekitar 200 kantong sebulan. Selebihnya, pendonor dari keluarga pasien dan pendonor bayaran.

“Untuk mencukupi kebutuhan darah pasien setiap hari, pihak keluarga pasien harus terus mencari darah bayaran atau pendonor keluarga,” katanya.

Ditanya peran keberadaaan PMI Kota Bima, pria berkacamata itu mengaku belum maksimal.

“Jika sudah maksimal, tentu kita di Bima tidak panik saat mencari kebutuhan darah,” tuturnya.

*Bin