Kepala BLH: Buang Kotoran Sapi itu Mencemari Lingkungan

Kota Bima, Kahaba.- Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bima H. Syamsuddin meminta kepada pengusaha ternak Sapi H. Doris untuk memperhatikan keluhan warga Kelurahan Penanae, soal limbah kotoran sapi yang dibuang di sungai. (Baca. Warga Penanae Keluhkan Limbah Kotoran Sapi H. Doris)

Kepala BLH Kota Bima H. Syamsuddin

Kepala BLH Kota Bima H. Syamsuddin

Pria bergelar Doktor itu mengaku sudah menerima pengaduan lisan warga Penanae soal pembuangan limbah kotoran sapi tersebut. Sejauh ini, pihaknya belum menindaklanjuti dan turun ke lapangan, karena H. Doris yang dihubungi via Telepon dan SMS mengaku tidak berada di ternaknya. (Baca. Lurah Penanae Minta H. Doris tidak Buang Kotoran Sapi di Sungai)

“Kondisinya memang tidak boleh, membuang limbah kotoran sapi di sungai menganggu kenyamanan warga sekitar dan mencemari lingkungan,” tegasnya, saat ditemui di Kantornya, Rabu (18/5).

Dari pengaduan warga Penanae tersebut, pihaknya dalam waktu dekat akan mengeluarkan surat permaklumat untuk H. Doris, agar memperhatikan keluhan warga sekitar. Karena, secara aturannya, jenis usaha tersebut harusmemiliki. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Tapi kalau tidak ada, minimal ada bak bak yang disediakan, agar kotoran sapi tersebut tidak dibuang langsung ke sungai.

“Bak bak tempat pembuangan itu berfungsi untuk menetralisir kotoran sapi. Jadi, jangan dibuang langsung ke sungai, karena. Itu limbah, dan mencemari lingkungan,” jelasnya.

Ia menambahkan, rencana akan mendatangi H. Doris tetap diagendakan, karena tujuan utama ingin memberi edukasi, tentang bahaya limbah dan cara pengolahan sebelum dibuang ke sungai.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *