16 Petugas SAR Bima Dapat Penghargaan Dari Kepala Basarnar

Kabupaten Bima, Kahaba.- 16 orang petugas Badan SAR Kabupaten Bima mendapat penghargaan dari Kepala Basarnas, terkait operasi tenggelamnya kapal motor Versace Amara di perairan Pulau Sangiang Kecamatan Wera beberapa waktu lalu.

Kepala Basarnar saat menyerahkan penghargaan kepada Petugas SAR Bima. Foto: Hum

Kepala Basarnar saat menyerahkan penghargaan kepada Petugas SAR Bima. Foto: Hum

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FHB. Sulistyo, di  di Homestay Mutmainah Kota Bima, Rabu (25/5) dan dihadiri Deputi Bidang SAR Nasional Marsekal Muda TNI Sudipo Handoyo, Kepala kantor SAR  Mataram Nanang Sigit.

Kepala Basarnas menyampaikan, terkait dengan hasil operasi SAR KLM.Versace Amara tersebut yang tenggelam di perairan Pulau Sangiang patut diapresiasi, proses evakuasi dilakukan dengan penuh keberanian, tantangan dan nyawa taruhan.

“Saya merasa bangga kepada saudara – saudara semua yang telah berhasil dan bersungguh – sungguh dalam pelaksanaan operasi SAR yang telah berhasil menemukan dan mengevakuasi korban,” pujinya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima, H. Muzzakir dalam arahannya mengatakan, wilayah Kabupaten Bima dengan keadaan geografis dan kondisi sosialnya berpotensi rawan bencana, baik yang disebabkan oleh kejadian alam seperti gempa bumi, kebakaran, tsunami, tanah longsor, letusan gunung berapi maupun yang disebabkan oleh ulah manusia dalam pengelolaan sumber daya dan lingkungan.

Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya bencana tersebut, diperlukan upaya penanganan yang terkoordinir, jelas, efektif, efisien dan terstruktur untuk mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan kesiapssiagaan dan penganggulangan bencana dalam bentuk penanggulangan kasus kegawatdaruratan sehari – hari.

“Keberhasilan pelaksanaan operasi SAR atas KM. Versace Amara menunjukan kepada kita semua bahwa pelaksanaan koordinasi antara intansi menjadi kunci utama kesuksesan operasi tersebut,” katanya.

Dia berharap, dengan koordinasi dan terintegritas seluruh potensi SAR di wilayah ini, tim SAR semakin solid dan lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *