Kabar Bima

Dikpora Bahas Data Fiktif Siswa dengan Kepsek Swasta

222
×

Dikpora Bahas Data Fiktif Siswa dengan Kepsek Swasta

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Menindaklanjuti dugaan banyaknya Sekolah Swasta yang memanipulasi data siswa, Dinas Dikpora Kota Bima menggelar pertemuan dengan sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) Swasta, Jumat (27/5).

Dikpora dan Kepala Sekolah Swasta saat membahas dugaan manipulasi jumlah siswa. Foto: Bin
Dikpora dan Kepala Sekolah Swasta saat membahas dugaan manipulasi jumlah siswa. Foto: Bin

Pembahasan tersebut dengan harapan, ada kesadaran bagi pihak sekolah untuk berlaku jujur terhadap jumlah siswa, dan tidak lagi mencatumkan nama siswa yang memang tidak pernah ada.

Dikpora Bahas Data Fiktif Siswa dengan Kepsek Swasta - Kabar Harian Bima

“Memanipulasi data siswa untuk mendapatkan keuntungan dari Dana BOS dan syarat pemenuhan dapat sertifikasi guru. Cara ini tidak boleh dibiarkan,” tegasnya.

Dugaan awal adanya data siswa yang tidak beres, kata Alwi, menunjukan jika disejumlah Sekolah Swasta memang ada yang memanipulasi data. Buktinya, salah satu Sekolah telah mengembalikan Dana BOS.

Maka tidak menutup kemungkinan, sambungnya, Sekolah lain yang juga mencantum siswa yang tidak pernah ada, mengembalikan Dana Bos tersebut.

“Ini sebenarnya untuk kebaikan bersama. Jika ini terus dibiarkan, maka juga tidak baik untuk dunia pendidikan,” kata pria yang bergelar M.Ap tersebut.

*Bin