P2KH Gelar Aksi dan Festival Hijau Kota Bima

Kota Bima, Kahaba.- Tim Swakelola Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Kota Bima menggelar kegiatan aksi dan Festival Hijau Minggu Pagi (29/05) di Taman Ria Kota Bima. Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin, da sejumlah pejabat daerah. Aksi dan Festival Hijau ini diisi pula dengan lomba menggambar dan mewarnai anak-anak.

Aksi dan Festival Hijau Kota Bima. Foto: Hum

Aksi dan Festival Hijau Kota Bima. Foto: Hum

P2KH merupakan program jangka panjang yang dilaksanakan secara konsisten oleh Pemerintah Pusat maupun daerah. Untuk mewujudkan atribut-atribut Kota Hijau secara bertahap dan berkelanjutan. Tahun 2015, P2KH difokuskan pada Kota dan Kabupaten yang telah menunjukkan dan mengajukan permohonan minat secara konsisten yang salah satunya adalah Kota Bima.

Wakil Walikota dalam arahannya mengatakan, Kota Bima memiliki komitmen kuat untuk menciptakan terwujudnya ruang terbuka hijau, seperti yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Bima Nomor 4 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bima Tahun 2011 – 2031, dimana telah mengamanatkan untuk mewujudkan minimal 30 % ruang terbuka hijau di Kota Bima.

Selain itu, dijelaskannya pula beberapa prestasi dan penghargaan lainnya di bidang lingkungan yang berhasil diraih, diantaranya pada tanggal 21 Mei 2016 Pemerintah Kota Bima meraih penghargaan Green City dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

“Penghargaan ini diberikan karena Kota Bima dinilai memiliki komitmen politik untuk perencanaan tata ruang berwawasan lingkungan, yang salah satunya dengan peruntukan lebih dari 30 porsen luas wilayah untuk ruang terbuka hijau. Program penanaman satu pohon sejuta manfaat yang dihadiri oleh Duta Lingkungan Hidup Indonesia (Iwan Fals) juga dianggap mampu menggugah kesadaran masyarakat untuk melakukan penghijauan,” papar Wawali.

Penataan dan pembangunan Water Front City (Kota Tepian Air) adalah salah satu kondisi perlu sebagai bagian dari ikhtiar pembangunan kawasan strategis kota. Dalam kerangka Water Front City ini akan sangat berkaitan erat dengan pengelolaan ruang terbuka hijau.

Selama ini, pemerintah Kota Bima terus menggalakkan pembangunan dan gerakan ramah lingkungan atau go green. Pemerintah Kota Bima sejak tahun lalu tengah menggencarkan program satu pohon sejuta manfaat. Program-program itu tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dan kepedulian dari warga Kota Bima.

Diakhir sambutan, diharapkannya kegiatan festival dan aksi hijau ini dapat memberikan pemahaman dan kesadaran untuk lebih mencintai dan memelihara lingkungan sebagai sumber kehidupan. Besar pula harapannya bahwa kegiatan semacam ini terus dilaksanakan untuk membangun dan menggugah partisipasi masyarakat untuk mencintai lingkungan.

“Jaga dan dan rawatlah lingkungan dengan baik. Berikan warisan terbaik kepada anak cucu kita kelak yakni lingkungan yang bersih, baik dan bersahabat,” katanya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *