Kabar Bima

PAD Semester Pertama Kota Bima Capai 50.23%

235
×

PAD Semester Pertama Kota Bima Capai 50.23%

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kota Bima sampai pada semester pertama tahun 2012 berhasil membukukan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak 50.23 persen atau sekitar Rp 6 milyar dari target Rp 12 milyar.  Dari nilai ini, sumbangsih  yang paling besar diperoleh dari sektor pajak restoran dan reklame.

PAD Semester Pertama Kota Bima Capai 50.23% - Kabar Harian Bima
PAD Semester Pertama Kota Bima Capai 50.23%

Kabid Pendapatan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Drs. Iksan mengatakan untuk capaian saat ini bisa dikatakan maksimal, kendati baru mencapai 50.23 persen. Kedepan, dalam rangka memberikan sumbangsih yang lebih besar bagi PAD, pihaknya akan lebih fokus pada sektor retribusi galian C.

PAD Semester Pertama Kota Bima Capai 50.23% - Kabar Harian Bima

Mmenurut Iksan, retribusi galian C sangat besar memberikan sumbangsih karena memang dapat dilihat dari grafik banyaknya proyek penimbunan seperti jalan sepanjang pesisir pantai serta sejumlah proyek baik pribadi maupun swasta.

Berdasarkan data capaian, Iksan mengungkapkan masih ada beberapa Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) yang kontribusinya untuk PAD dibawah target yang ditetapkan, seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Lingkungan Hidup (BLH) Serta Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman. “Untuk sementara, yang besar capaian ada pada Bidang Pendapatan DPPKAD  dan Dinas Kesehatan,” sebutnya. [BS]