Suksesi Walikota, PBB Buka Pendaftaran

Kota Bima, Kahaba.- Partai politik sebagai alat menuju kekuasaan mulai membuka dirinya. Kali ini giliran Partai Bulan Bintang (PBB) yang membuka penjaringan bagi bakal calon Walikota. Walau tak ada wakil di DPR RI, namun di tingkat DPRD Kota Bima, DPC PBB Kota Bima yang memiliki dua kursi tentu sebuah nilai tawar politik yang patut dipertimbangkan

Untuk memenuhi quota persyaratan kendaraan politik,bagi seorang calon Walikota, pasalnya harus mendapat minimal empat kursi di DPRD atau dukungan sebesar 15% dari jumlah suara. Ketatnya persaingan politik dan melihat banyaknya bakal calon yang akan bertanding di suksesi Walikota tahun 2013 mendatang, merespon PBB untuk segera membuka kran penjaringan bagi segenap bakal calon yang ada.

Sejak tanggal 1 Agustus 2012 lalu, DPC PBB Kota Bima sudah mulai membuka penjaringan bagi calon nomor orang satu di Kota Bima tahun 2013 mendatang. Cara membuka diri sebagai bentuk parpol yang terbuka dan demokratis adalah cara yang cukup bijak dari penetreasi kepentingan politik yang ada.
Ketua Panitia penjaringan, Syamsudin, S. Sos mengatakan, PBB merupakan partai yang terbuka untuk siapapun. Apalagi untuk urusan penjaringan calon kepala daerah. Melalui Muktamar PBB di Medan beberapa waktu lalu, dalam juklak dan juknis nya memerintahkan untuk membuka ruang seluas-luasnya agar menerima orang di luar partai mengikuti suksesi tersebut.

“Kami sudah membuka sejak tanggal 1 Agustus lalu dan di tutup pendaftaran dan pengambilan formulirnya pada tanggal 31 Agustus mendatang,” ujarnya kepada kahaba.net, Rabu (9/8).

Syam melanjutkan, formnulir akan dikembalikan bagi para tim atau bakal calon yang telah mengambil sesuai dengan batas waktu yang di tentukan. Kemudian tim penjaringan akan bekerja dan memverifikasi lebih lanjut.

“Setelah semua pekerjaan tim penjaringan selesai. Maka hasilnya akan diserahkan ke DPC PBB Kota Bima, untuk selanjutnya di rapat plenokan dan segera diumumkan hasilnya,” jelas Syam.

Persyaratan dalam penjaringan tidak begitu ketat. Kriteria dan standarisasi dibuat secara normatif dan sebagaimana yang telah ditentukan dalam criteria umum seorang pemimpin atau kepala daerah.

Dia menambahkan, sejak dibukanya tanggal 1 Agustus lalu, yang sudah mengambil formulir pendaftaran baru dari Tim Kolonel Rifaiddan hingga saat ini masih menunggu calon yang lain untuk mengambil formulir pendaftaran. [BS]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

  1. Fathur Rahman

    PBB tetap harus semangat dalam mewujudkan cita-cita perjuangan penegakan Syariat Islam. Karenanya figur yg dipilihpun hrs orang-orang yg peduli dg perjuangan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *