Atraksi Budaya Bima Pukau Penonton

Kota Bima, Kahaba.- Pawai Budaya Hari Jadi Bima ke-376 Tahun 2016 menampilkan sejumlah atraksi budaya Bima. Beberapa diantaranya, atraksi tersebut memukau Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, Wakil Bupati Bima Dahlan. M. Noer serta tamu undangan di panggung kehormatan dan penonton.

Atraksi Adu kepala saat pawai HUT Bima. Foto: Deno

Atraksi Adu kepala saat pawai HUT Bima. Foto: Deno

Atraksi yang ditampilkan tersebutseperti atraksi Buja Kadanda, atraksi Adu Kepala, Hadrah, Gantao, Biola khas lagu Bima, Marawis, Drum Band, Tari Rimpu, Tari lanca, Tari Bongi Monca, Kareku Kandei, pencak silat dan sejumlah atraksi lain.

Setiap atraksi, diberikan kesempatan tampil selama 10 menit dihadapan Bupati dan tamu undangan. Terlihat, tamu undangan dan penonto terhibur dengan setiap atraksi yang ditampilkan. Apalagi, saat atraksi Adu Kepala.

Atraksi penuh nyali itu memang tidak sembarangan orang yang bisa melakukannya. Karena kepala dibenturkan pada masing-masing kepala dengan penuh kekuatan. Semakin diberi tepuk tangan merih, pemain semakin nekad dan menampilkan kebolehannya. Yang penonton sangat merasa terhibur.

Ketua Kelompok Adu Kepala, Anwar mengatakan, budaya tersebut sudah turun temurun dan masih terus dipertahankan. Setiap minggu, pihaknya tetap melakukan latihan rutin, baik fisik maupun secara ritual.

Lanjut Anwar, anggotanya berjumlah 10 orang. Dirinya juga berharap Pemerintah bisa memperhatikan kelestarian budaya di Wawo itu.

*Noval/Deno

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *