Kabar Bima

Jabatan Kepala Kemenag Akan Berakhir, Pansel Segera Dibentuk

228
×

Jabatan Kepala Kemenag Akan Berakhir, Pansel Segera Dibentuk

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dalam waktu dekat, jabatan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bima akan berakhir. Panitia Seleksi (Pansel) untuk menggodok para calon pengganti kepala yang baru pun segera dibentuk Kanwil Kemenag Provinsi NTB.

Jajaran Kanwil Kemenag Provinsi NTB saat Silahturahmi di Kota Bima. Foto: Ady
Jajaran Kanwil Kemenag Provinsi NTB saat Silahturahmi di Kota Bima. Foto: Ady

Kepala Kemenag Provinsi NTB, H Sirojudin mengatakan, sesuai dengan edaran Sekjen Kemenag RI, untuk jabatan pengawas dan administrator yang kita kenal dengan jabatan Eselon III dan IV baik rotasi dan promosi harus melalui mekanisme seleksi.

Jabatan Kepala Kemenag Akan Berakhir, Pansel Segera Dibentuk - Kabar Harian Bima

Untuk mempersiapkan hal itu, pihaknya sudah mengusulkan pembentukan tim Pansel untuk menggodok calon Kepala Kemenag Kabupaten Bima. Proses seleksi nantinya akan dibuka secara online. Bagaimana mendaftar dan mekanisme tes akan diketahui setelah Pansel terbentuk.

“Untuk para calon Kepala Kemenag syaratnya harus mendapatkan ijin dari atasannya untuk ikut berkompetisi. Ada portofolio dan syarat-syarat lain yang harus dilengkapu setelah Pansel diumumkan,” terang H Sirojudin saat berkunjung di Kantor Kemenag Kabupaten Bima beberapa hari lalu.

Diakuinya, mekanisme seleksi dilaksanakan secara online sesuai dengan aturan Menpan RB bahwa untuk jabatan pengawas dan administrator itu seleksinya dilakukan secara online. Melalui rekruitmen terbuka dan dilakukan oleh Pansel.

Ia menambahkan, Pansel akan di SK-kan oleh Kemenag Pusat. Unsur Pansel berdasarkan ketentuan, jumlahnya 5 orang dari internal lingkungan Kemenag dan 3 orang dari eksternal. Boleh dari tokoh agama, birokrat maupun akademisi. Tujuannya adalah untuk menjaga netralitas.

Sementara itu, informasi dihimpun wartawan, terdapat sejumlah figur dari internal Kemenag Kabupaten Bima yang siap berkompetisi menduduki jabatan Kepala Kemenag pengganti HM Saleh. Diantaranya, Kasi Madrasah, Abdul Haris, Kasi Haji dan Umroh, H Abubakar, dan Pengawas Madrasah, M Taufikurrahman.

*Ady