Kabar Bima

Disnakertrans Gelar Pelatihan Keterampilan Kerja

224
×

Disnakertrans Gelar Pelatihan Keterampilan Kerja

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima menggelar kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi, Senin (25/7) di Workshop UPT LLK Dinas setempat.

Ketua PKK Kabupaten Bima Rostina Dahlan M. Noer saat memberikan pengarahan. Foto: Hum
Ketua PKK Kabupaten Bima Rostina Dahlan M. Noer saat memberikan pengarahan. Foto: Hum

Kepala Disnakertrans Kabupaten Bima Ishaka dalam laporannya mengatakan, pelatihan diikuti 64 peserta dan berjalan selama 30 hari. Para peserta dibagi dalam 4 kejuruan yaitu Las, Sepeda Motor, Menjahit dan Pengolahan Hasil Pertanian, dengan 16 peserta pada setiap jurusan.

Disnakertrans Gelar Pelatihan Keterampilan Kerja - Kabar Harian Bima

Pelatihan berbasis kompetensi tersebut ditujukan untuk meningkatkan keterampilan para pencari tenaga kerja di Kabupaten Bima. Karena berdasarkan data yang ada, terdapat 10 ribu calon pencari  kerja yang mengajukan permohon kartu pencari kerja (kartu kuning) pada Instansi yang dipimpinnya.

“Salah satu cara untuk menekan angka pengangguran tersebut maka pelatihan keterampilan ini diberikan. Dengan sertifikat yang nanti diperoleh, maka peluang untuk diserap pada beragam sektor pekerjaan akan terbuka lebar,” kata Ishaka.

Pada kegiatan tersebut, peserta juga akan dibekali materi pelatihan berbasis kompetensi industri pangan dan teknologi hasil pertanian serta materi logam mesin yang mencakup pengawasan secara manual.

Materi lainnya yang disampaikan kepada para peserta yaitu membuat pola busana, menjahit pakaian dasar wanita dan materi servis sepeda motor yang mencakup overhaul mesin, penilaian komponen dan melakukan prosedur pengujian mesin motor yang sesuai.

“Pelatihan ini merupakan kerjasama antara Disnakertrans Kabupaten Bima  dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima dan telah memasuki angkatan IV dari 12 angkatan yang direncanakan selama tahun anggaran 2016,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima Hj. Rostina Dahlan M. Noer mengatakan, karakter atau watak merupakan satu sifat yaitu jujur, ikhlas dan mau membantu orang lain sehingga berhasil. Disamping memiliki daya juang yang tinggi dan bekerja keras seperti yang umumnya menjadi watak masyarakat Bima.

Karakter perlu dibangun, karena meskipun  para pencari kerja sudah memiliki ijazah dan keterampilan tetapi perlu memiliki prinsip dan kepercayaan diri dalam memasuki dunia kerja, inilah pentingnya pengembangan karakter.

“Pembangunan karakter merupakan satu hal yang berproses dan dimulai pada usia dini, yang merupakan tahap pembentukan kepribadian. Selanjutnya menginjak masa remaja sebagai tahap pengembangan. Setelah memasuki tahap remaja, maka akan berlanjut pada tahap dewasa atau pemantapan dan di usia tua yaitu tahap kebijaksanaan,” jelasnya.

*Bin