Kunjungi Bappenas, Bupati Bima Dapat Dukungan untuk Bumdes

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Kabupaten Bima mendapatkan angin segar untuk dukungan peningkatan kapasitas Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Itu diketahui setelah Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri didampingi Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Sosial dan Budaya Bappeda Kabupaten Bima Amar Ma’ruf, Kamis (5/8) bertemu Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan, Bappenas Erwin Dimas.

Pertemuan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dengan Direktur Alokasi Pendanaan pembangunan Erwin Dimas dan pejabat terkait. Foto: Hum

Pertemuan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dengan Direktur Alokasi Pendanaan pembangunan Erwin Dimas dan pejabat terkait. Foto: Hum

Pada kesempatan tersebut, Erwin didampingi Eka Chandra  Bhuana, Kasubdit Alokasi Pendanaan Pembangunan Pemerintah, Cucu Suryaman Project Officer Knowledge Sector initiative, Aprianda Wardana dan Paulus Asi Christian dari Bappenas.

Pihak Bappenas kata Erwin, terus memantau perkembangan dukungan BUMDEs di desa Sari-Sape. Bappenas sangat mengapresiasi  respon dan upaya pemerintah Kabupaten Bima dalam melaksanakan replikasi praktek cerdas pengelolaan BUMDes unit layanan air bersih seperti y yang telah dilakukan di desa Sari.

Erwin berharap, pola fasilitasi BUMDEs di Desa Sari dapat menjadi acuan bagi pengelolaan lembaga keuangan desa di wilayah lainnya.

“Kita berharap, apa yang telah diterapkan di Sape dapat direplikasi atau dikembangkan juga pada desa-desa lainnya di Kabupaten Bima,” ujarnya.

Direktur alokasi pendanaan dalam pertemuan tersebut berjanji akan melakukan kunjungan ke lokasi untuk melihat dari dekat partisipasi masyarakat setempat dalam pengelolaan BUMDEs.

“Pada Minggu IV  Agustus 2016,  Bappenas akan melihat pencapaian aplikasi di Desa Sari sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program pemerintah pusat melalui Bappenas maupun program pendanaannya bersumber dari luar negeri,” tandas Erwin.

Menanggapi rencana pihak Bappenas tersebut, Bupati Bima mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bima menyampaikan aspresiasi atas komitmen dan dukungan penuh Bappenas bagi keberlanjutan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Bima.

Karena itu lanjut Bupati, rencana kunjungan direktur alokasi pendanaan Bappenas ke Kabupaten Bima merupakan kesempatan yang sangat baik dan melihat dari dekat progres dukungan yang telah diberikan. Juga  menjadi momentum yang baik untuk membahas beragam program pembangunan, khususnya di bidang pelayanan dasar.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *