Kabar Bima

Pemkab Bima Gelar Pelatihan Penyusunan Kertas Kerja Auditor

238
×

Pemkab Bima Gelar Pelatihan Penyusunan Kertas Kerja Auditor

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Untuk meningkatkan kapasitas auditorium, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Inspektorat menggelar Pelatihan Penyusunan Kertas Kerja Audit, dengan menghadirkan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan  (BPKP) Provinsi NTB, Senin (8/8) di Aula Hotel Mutmainnah Kota Bima.

Pelatihan Penyusunan Kertas Kerja Auditor. Foto: Hum
Pelatihan Penyusunan Kertas Kerja Auditor. Foto: Hum

Pelatihan diikuti 40 peserta yang merupakan tenaga fungsional Inspektorat dan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 8 sampai dengan 11 Agustus 2016.

Pemkab Bima Gelar Pelatihan Penyusunan Kertas Kerja Auditor - Kabar Harian Bima

Bupati Bima yang diwakili  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima H. Muzakkir, mengatakan auditor memegang peran penting dalam peningkatan transparansi dan akuntabilitas di bidang pengelolaan keuangan daerah. Sehingga mampu menciptakan manajemen yang semakin efektif dan efisien.

“Ini menjamin pencapaian tujuan organisasi, keamanan sumber dana yang dikelola, ketaatan pada ketentuan yang berlaku dan dipeliharanya data/ informasi keuangan yang andal,” tutur Muzakkir.

Dengan demikian, dirinya berharap para auditor akan mampu menjadi wahana yang sangat baik bagi para auditor agar dapat melaksanakan tugas secara profesional melalui dokumentasi seluruh catatan dan bukti hasil pemeriksaan yang dikumpulkan dalam setiap tahapan pemeriksaan.

Pada   kesempatan tersebut, kepala perwakilan BPKP Provinsi NTB Bonardo Hutauruk, dalam penyampaian mengatakan terkait Pelatihan Penyusunan Kertas Kerja Auditor jajaran Inspektorat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu pengetahuan dan kemampuan.

“Dengan pengetahuan yang ada, kedepan para auditor diharapkan dapat mengetahui secara menyeluruh dan seksama apa yang harus dilakukan berkaitan dengan tugas audit. Begitu pula terkait kemampuan dalam melakukan audit amat penting agar Dilaksanakan dan kertas kerja dapat diserahkan,” katanya.

Menutup arahannya, Bonaran mengharapkan agar para auditor yang telah melewati sejumlah jenjang pelatihan dapat berperan lebih aktif dalam mendorong percepatan sistem pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Pengalungan tanda peserta secara simbolis kepada dua orang peserta Oleh oleh Asisten II Setda menandai dimulainya kegiatan pelatihan yang berlangsung 4 hari ini.

*Bin/Hum