Wawali Bima Buka Bimtek Penerima Bantuan KUBe

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Walikota (Wawali) Bima H. Arahman H. Abidin membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) para penerima bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBe) di dua lokasi yaitu di aula SMPN 6 Kota Bima dan kantor Camat Rasanae Timur Kamis (11/8).

Wawali Bima menyampaikan sambutan saat Bimtek Penerima Bantuan KUBe. Foto: Hum

Wawali Bima menyampaikan sambutan saat Bimtek Penerima Bantuan KUBe. Foto: Hum

Wawali berpesan kepada para penerima bantuan, agar dana yang diterima dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai bidang usaha yang dijalankan, antara lain pedagang bakulan, olahan makanan, pengrajin, dan peternak. Dirinya juga mengingatkan kepada Dinas terkait untuk terus melakukan pendampingan dan pembinaan.

“Harus ada semangat untuk berubah dan berusaha dari para penerima bantuan KUBe. Karena semua program pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan tidak akan berhasil tanpa komitmen semua pihak yang terlibat di dalamnya, yaitu masyarakatnya sendiri serta instansi terkait,” katanya.

Diakui Wawali, kegiatan Bimtek dimaksudkan agar para penerima bantuan bisa memahami petunjuk teknis mengenai program KUBe, agar tidak ada masalah dikemudian hari.

Sementara tantangan kedepan adalah bagaimana agar KUBe bisa menjadi solusi untuk menanggulangi angka kemiskinan. Caranya adalah memperkuat manajemen KUBe, mentalitas pengurus dan anggota, penerapan teknologi, meningkatkan aksesibilitas permodalan dan jaringan, serta memperkuat sumber daya manusia.

Sementara itu, H. Muhidin selaku Kepala Dinas Sosnakertrans Kota Bima dalam laporannya mengatakan, ada 30 KUBe se-Kota Bima yang mendapat bantuan dana tahun ini. Setiap KUBe dengan anggota berjumlah 10 orang mendapat dana sebesar Rp 20 juta.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *