Dikpora Kucurkan DAK Swakelola 2016

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Dikpora Kota Bima dalam waktu dekat ini segera mengucurkan dana sebesar Rp 4 Miliar, yang  berasal dari DAK pendidikan Dasar Dikpora Kota Bima khusus perbaikan sarana dan prasarana. Anggaran tersebut untuk 35 Sekolah Dasar yang tersebar di 5 Kecamatan.

Kadis Dikpora Kota Bima H. Alwi Yasin, Foto: Bin

Kadis Dikpora Kota Bima H. Alwi Yasin, Foto: Bin

“Ada 35 sekolah yang mendapatkan kucuran anggaran dana DAK 2016, dengan nilai bantuan bervariasi antara Rp 45 hingga Rp 220 juta,” sebut Kepala Dikpora Kota Bima H. Alwi Yasin, Selasa (16/8).

35 sekolah yang mendapatkan bantuan tersebut sebelumnya telah disurvei Dinas Dikpora. Sehingga layak atau tidaknya sekolah mendapatkan bantuan, harus memenuhi berapa indikator penilaian, seperti verifikasi faktual berdasarkan data dapodik, jumlah murid, ketersediaan lahan, tingkat kerusakan, kondisi kantor, perpustakaan hingga kebutuhan peralatan dan pengelolaan kesehatan sekolah.

Berdasarkan hasil pendataan, pihak Dikpora akan memberikan skor yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap sekolah. Sehingga akan memprioritaskan sekolah yang betul-betul membutuhkan bantuan, guna perbaikan mutu pendidikan.

“Dari 35 sekolah yang mendapat bantuan, telah disesuaikan dengan ketersediaan anggaran pemerintah daerah,” imbuhnya.

Kedepan, Alwi menghimbau sekaligus memberikan warning kepada seluruh sekolah penerima DAK, agar dapat mempergunakan anggaran Negara tersebut dengan baik dan benar. Bila disalahgunakan, akan menjadi temuan tim audit BPK RI.

“Ingat, sekolah harus mampu mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran, baik secara fisik seperti spek dan RAB dan juga dari sisi administratif,” ingatnya.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *