Kabar Bima

Upacara Belum Usai, Pegawai Malah Kabur Duluan

269
×

Upacara Belum Usai, Pegawai Malah Kabur Duluan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ketidakdisiplinan pegawai saat mengikuti upacara tak hentinya menuai sorotan. Seperti yang kembali terpantau saat upacara HUT RI ke 71 Pemerintah Kabupaten Bima di Lapangan Woha, Rabu (17/8) pagi.  (Baca. Tak Beretika, ASN Hormat Bendera Sambil Duduk)

Sebagian lapangan nampak kosong setelah sejumlah pegawai bubar duluan. Foto: Ady
Sebagian lapangan nampak kosong setelah sejumlah pegawai bubar duluan. Foto: Ady

Selain banyak yang berdiri dengan gaya bebas dan menunjukan sikap tidak siap, sebagian pegawai sepertinya acuh tak acuh mengikuti upacara.

Upacara Belum Usai, Pegawai Malah Kabur Duluan - Kabar Harian Bima

Pasalnya, upacara masih berlangsung sebagian pegawai (ASN) dari berbagai instansi malah bubar dan pulang duluan. Mereka seolah tak menghiraukan Bupati Bima yang masih berdiri siap menjadi inspektur upacara.

Kondisi itu terjadi beberapa menit setelah proses pengibaran bendera dilakukan. Akibatnya, separuh lapangan upacara bagian selatan dan belakang langsung kosong.

Menanggapi hal ini, Anggota DPRD Kabupaten Bima, Wahidin menyesalkan sikap para pegawai tersebut. Menurutnya, perilaku itu mencerminkan tidak adanya jiwa nasionalisme para pegawai.

“Upacara ini bagian dari bentuk penghargaan kita terhadap kemerdekaan yang diperjuangkan dengan susah payah oleh para pahlawan. Berdosa kalau kita tidak menghargainya,” kata Wahidin.

Anggota Komisi I ini meminta kepada Kepala Daerah dan Kepala SKPD masing-masing untuk mengevaluasi mentalitas semua pegawai dan memberikan sanksi tegas bila ada bukti kedapatan tidak disiplin saat upacara.

“Bila perlu bukti itu serahkan ke saya, biar saya sendiri yang melaporkan mereka ke Bupati Bima agar ditindak tegas,” ujarnya.

*Ady