Lurah Oi Fo’o Acuh Terhadap Mahasiswa KKN

Kota Bima, Kahaba.- Mahasiswa STISIP Mbojo-Bima mengeluhkan sikap Lurah Oi Fo’o yang terkesan acuh dan tidak peduli terhadap peserta KKN yang sudah sebulan tinggal di Kelurahan setempat.

Ilustrasi

Ilustrasi

Sikap lurah tersebut justeru membuat mahasiswa merasa hanya bekerja bersama dengan masyarakat, tanpa adanya campur tangan pemerintah melalui pihak kelurahan setempat.

“Sejak awal tiba hingga sekarang, lurah tidak pernah memperhatikan kami. Kemudian setiap kegiatan yang kami usulkan, selalu mendapatkan tanggapan dingin,” ungkap mahasiswa KKN  Giles Anwar, didampingi sejumlah teman – temannya.

Padahal, kata dia, mahasiswa KKN berharap perhatian Kelurahan, karena program yang diusulkan, bersentuhan langsung dengan masyarakat Oi Fo’o.

Sudah satu bulan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan, mahasiswa telah melakukan berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan, seperti membersihkan kuburan, lingkungan dan masjid.

“Kami memang tidak membawa dana untuk pembangunan, tapi hanya membawa sumbangsih ide, tenaga dan pikiran. Tentunya untuk kemaslahatan masyarakat, karena inilah tujuan kami mengabdi kepada masyarakat melalui KKN,” paparnya.

Kedepannya, pihak mahasiswa menginginkan ada respon dan peran aktif dari pihak kelurahan, agar komunikasi dan koordinasi antara mahasiswa, pemerintah dan kelurahan berjalan dengan baik.

Sementara itu Lurah Oi Fo’o Abdul Wahid yang dimintai tanggapan mengaku, kebuntuan komunikasi dan koordinasi pihak kelurahan dan peserta KKN disebabkan mahasiswa tidak pernah aktif mendatangi kantor lurah.

“Baru sekali mahasiswa itu mendatangi kantor, ketika saat melapor saja. setelah itu, tidak pernah datang. Jadi, segala kebutuhan dan keinginan mahasiswa tidak diketahui,” jelasnya.

Sebagai pemerintah, menurut dia, wajar kelurahan tidak respon terhadap keinginan mahasiswa. Karena yang seharusnya aktif adalah mahasiswa mendatangi kantor lurah, bukan sebaliknya.

“Jika mereka sering ke kantor, maka kita bisa membantu kebutuhan mahasiswa, sekaligus mengarahkan apa saja program kerja yang pas untuk kelurahan Oi Foo,” inginnya.

Kedepan, Kelurahan akan mendatangi peserta KKN, untuk memberikan bimbingan dan arahan agar pelaksanaan kegiatan yang bersentuhan dengan kehidupan sosial masyarakat dapat berjalan dengan baik.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *