Dikpora Gelar Bimtek Pendidikan Keluarga

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 65 tenaga pengajar yang terdiri dari kepala sekolah, pengelola PAUD serta lembaga non formal se-Kota Bima mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama tiga hari, sejak 25 hingga 27 Agustus di Hotel Marina.

Bimtek Pendidikan Keluarga yang digelar Dinas Dikpora. Foto: Eric

Bimtek Pendidikan Keluarga yang digelar Dinas Dikpora. Foto: Eric

Bimbingan yang bertemakan pendidikan keluarga tersebut bertujuan agar tenaga pendidik dapat menyerap materi yang diberikan, kemudian menerapkan kepada dilingkungan sekolah dan juga keluarga.

“Alhamdulillah Kota Bima mendapat kepercayaan dari Kemendikbud, sebagai satu-satunya daerah se-pulau Sumbawa untuk menggelar Bimtek,” ujar Kepala Dikpora Kota Bima H. Alwi Yasin saat menyampaikan sambutannya, Kamis (25/8).

Menurut Alwi, bimbingan pendidikan keluarga sangat penting untuk penguatan kemitraan antara orang tua dan dan satuan pendidikan. Sekaligus dapat membangun siklus pendidikan yang baik. Sehingga terciptanya suasana yang nyaman dalam kegiatan belajar dan mengajar.

“Melalui pendidikan keluarga yang maksimal, kami yakin kedepan akan menciptakan pertumbuhan karakter yang positif, dan budaya prestasi bisa terealisasi,” katanya.

Seiring kemajuan tekhnologi dan perkembangan media sosial, sambungnya, memudahkan tenaga pendidik maupun pelajar saat ini mudah untuk mengakses berbagai macam informasi. Maka perlu sikap dan tindakan yang nyata, khususnya guru dan juga orang tua selaku pendidik, agar dapat mengarahkan siswa dan anak untuk mempergunakannya dengan hal positif.

“Banyaknya akses informasi yang mudah diperoleh, baik itu positif dan negatif. Maka diperlukan peran pendidikan keluarga, untuk mengawal keberadaan secara maksimal,” bebernya.

Ditambahkan Alwi, pendidikan keluarga menjadi sangat penting. Karena dalam pembentukan karakter anak didik, agar dapat sejalan dan selaras diperlukan kolaborasi antara tenaga pendidik dan kepala sekolah untuk menanamkan kedisiplinan kepada siswa. Sehingga para pelajar, akan lebih memahami akan arti pendidikan keluarga dilingkungan sekolah.

Tugas dan tanggungjawab dalam mewujudkan pendidikan bermutu tidaklah mudah, banyak tantangan dan hambatan yang akan dihadapi. Tapi melalui komitmen bersama, dirinya yakin berhasil mewujudkan pendidikan yang semakin baik.

Sementara itu, Ketua Panitia acara yang juga sekretaris Dikpora Kota Bima M. Yamin melaporkan peserta Bimtek terdiri dari tenaga pendidik, kepala sekolah dan lembaga non formal.

“Adapun peserta berjumlah 65 orang, yang terdiri dari PAUD 15 orang, SD 15, SMP 7,  SMA 4, SMK 3, SLB 1, lembaga non formal 5 dan lembaga mitra 15,” sebutnya.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *