Kabar Bima

Dewan Minta Pemerintah Batalkan Pengadaan Bibit Bawang Merah

244
×

Dewan Minta Pemerintah Batalkan Pengadaan Bibit Bawang Merah

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bima Syaifullah, meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) agar menunda pengadaan bibit bawang merah. Bila perlu membatalkan pengadaannya.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bima Syaifullah. Foto: Noval
Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bima Syaifullah. Foto: Noval

Permintaan Duta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berdasarkan pengadaan bawang merah tahun 2016 yang tidak tepat sasaran. Persoalannya, musim tanam ketiga bawang merah tahun ini telah dilakukan masing-masing Petani, menggunakan anggaran pribadinya masing-masing.

Dewan Minta Pemerintah Batalkan Pengadaan Bibit Bawang Merah - Kabar Harian Bima

”Kalau bibit bawang merah dibagikan pemerintah ke petani pada bulan November, maka percuma saja. Karena, petani sudah lebih dulu menanam bawang mereka yang dibeli sendiri,” sorot Saiful di kantornya, Rabu (31/8)

Untuk tanam bawang merah musim ketiga lanjutnya, petani sudah menanamnya pada awal Agustus lalu. Jika pemerintah ingin membagikan bibit itu sekarang, dia meyakini bibit itu tidak akan ditanam, tetapi akan dijual kembali ke tengkulak.

”Kalau itu terjadi, kan sudah tidak jelas lagi pemanfaatannya,” ungkapnya.

Dia juga meminta, agar Pemkab Bima betul-betul verifikasi kelompok tani penerima bibit. Jangan sampai, petani yang masuk dalam kelompok penerima bibit adalah orang mampu atau orang-orang yang tidak memiliki lahan pertanian.

”Ini wajib diverifikasi ulang oleh Pemerintah, jangan sampai tidak tepat sasaran,” pintanya.

Tujuan pengadaan bibit, tambahnya, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas bawang merah yang dihasilkan para petani. Oleh karena itu, pemerintah harus serius memberikan penyuluhan kepada petani.

*Noval