Bank Sampah Sarae Maraso Resmi Beroperasi

Kota Bima, Kahaba.- Bank Sampah Sarae Maraso kini telah resmi beroperasi. Pengelolaan sampah yang digagas anak muda kelurahan setempat untuk partisipasi dan kepedulian warga untuk berperilaku hidup bersih.

Bank Sampah Kelurahan Sarae. Foto: Eric

Bank Sampah Kelurahan Sarae. Foto: Eric

“Kami hadir untuk menjadi bagian dari Pemerintah Kota Bima, guna mendorong kepedulian warga dalam membersihkan lingkungan. Sehingga menciptakan budaya hidup bersih dan sehat, sekaligus menciptakan peluang bisnis,” ujar Ketua Bank sampah Sarae Maraso, Abdul Munir kepada kahaba.net, Selasa (6/9).

Diakuinya, bank sampah lahir merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kelurahan Sarae bersama masyarakat setempat. Mengingat jumlah sampah yang semakin meningkat, jadi dibutuhkan lembaga bantuan lain untuk bersama menangani masalah persampahan.

“Kami yakin, dengan hadirnya bank sampah di Kelurahan Sarae, akan mempermudah kinerja instansi terkait mengurangi dan menangangi masalah persampahan. Sehingga dapat menciptakan kota yang bersih dan asri,” katanya.

Menangani sampah, sambung Munir, dibutuhkan komitmen bersama. Sehingga tercipta kebersihan, keindahan sekaligus sebagai penyelamatan lingkungan.

Sementara itu Lurah Sarae Iskandar mengakui, hadirnya bank sampah menjadi bagian dari upaya merubah perilaku warga kota untuk tidak membuang sampah sembarangan. Tetapi juga bisa berpikir jika sampah dapat bernilai ekonomis, menghasilkan uang.

“Saatnya masyarakat sadar akan budaya hidup bersih, dapat mensucikan jiwa. Sekaligus dapat merubah barang tidak terpakai, menjadi nilai ekonomis,” bebernya.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *