Populasi Ternak Sapi di Kabupaten Sekitar 170.118 Ekor

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kepala Bidang Agribisnis Dinas Peternakan Kabupaten Bima Abdul Manan mengaku, populasi ternak di Kabupaten Bima kian tahun kian meningkat. Hanya saja, peningkatannya tidak signifikan.

Kepala Bidang Agribisnis Dinas Peternakan Kabupaten Bima Abdul Manan. Foto: Bin

Kepala Bidang Agribisnis Dinas Peternakan Kabupaten Bima Abdul Manan. Foto: Bin

Disebutkannya, untuk ternak jenis Sapi jumlah populasinya sekitar 170.118 ekor dan banyak tersebar di Kecamatan Wera. Untuk ternak Kerbau populasinya tahun ini sebanyak 14.934 ekor dan juga terbanyak di Kecamatan Wera.

Ternak jenis Kuda, sambung Manan, banyak tersebar di Kecamatan Donggo dengan jumlah populasi sebanyak 5.464 ekor. Kemudian terbak Kambing sebanyak 200.580 ekor dengan lokasi paling banyak berada di Kecamatan Sape. Lalu ternak Domba jumlahnya sebanyak 16.000 tersebar banyak di Kecamatan Belo.

“Dilihat dari populasi, terjadi peningkatan setiap tahun, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak,” ujarnya saat ditemui Kahaba.net di meja kerjanya, Selasa (6/9).

Untuk program pengadaan dan penyebaran di Dinas Peternakan Kabupaten Bima, Manan mengaku tetap ada program tersebut. Hanya saja, sudah dua tahun terakhir program untuk ternak kerbau tidak ada.

“Yang rutin program pengadaan dan penyebaran itu untuk ternak sapi, kambing dan kuda,” sebutnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *