Kabar Bima

Siswa MAN 2 Praktek Prakarya di Halaman ASI Mbojo

256
×

Siswa MAN 2 Praktek Prakarya di Halaman ASI Mbojo

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kegiatan belajar mengajar tidak melulu harus dilakukan di dalam ruangan kelas. Pembelajaran menyenangkan sambil mengenalkan sejarah dan budaya sesekali sangat bermanfaat bagi siswa.

Siswa MAN 2 Kobi saat praktek prakarya di Halaman Museum ASI Mbojo. Foto: Ady
Siswa MAN 2 Kobi saat praktek prakarya di Halaman Museum ASI Mbojo. Foto: Ady

Seperti dilakukan siswa Kelas XI MAN 2 Kota Bima, Kamis (8/9) sore. Mereka melaksanakan praktek prakarya cara membuat kue dengan memanfaatkan Halaman Museum ASI Mbojo. Para siswa terlihat sangat

Siswa MAN 2 Praktek Prakarya di Halaman ASI Mbojo - Kabar Harian Bima

Guru Pembimbing MAN 2, Abdul Muluk mengatakan, mata pelajaran kewirausahaan dan prakarya merupakan bagian dari Kurikulum 2013. Siswa diajarkan ketrampilan tentang cara pengolahan makanan khas daerah..

“Nah, pada kesempatan kali ini siswa belajar cara membuat kue brownies. Sementara pada praktek sebelumnya kita membuat lampu tidur dengan bahan dasar benang dan balon,” jelasnya.

Diharapkannya, pelajaran tersebut dapat berguna bagi siswa ketika mereka tamat sekolah nanti. Siswa bisa saja menjadi wirausahawan membuka usaha kue dan chatering atau membuka usaha kerajinan lampu tidur unik.

“MAN 2 tidak melulu belajar agama, tetapi mereka juga dibekali sejumlah pengetahuan lain seperti sekolah umum. Para siswa dibawa ke ASI Mbojo agar mereka tidak jenuh belajar di kelas,” terang Muluk.

Salah satu siswi, Atun mengaku, telah membuat kesepakatan dengan teman-temannya dan guru pembimbing agar tidak hanya belajar di kelas. Siswa dapat memilih lokasi belajar yang dianggap nyaman dan menyenangkan.

“Minggu ini kami memilih belajar di ASI Mbojo. Disini, kami tidak hanya praktek tetapi juga bisa sambil mengenal warisan sejarah dan budaya Bima,” ujarnya.

*Ady