Pemuda Lintas Agama Siap Bantu Pengamanan Idul Adha

Kota Bima, Kahaba.- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima kembali menggagas pertemuan antar pemuda lintas agama, Kamis (8/9) siang. Para pemuda dari berbagai agama sebanyak 60 orang ini dipersiapkan untuk mengamankan pelaksanaan hari raya Idul Adha 1437 Hijriah di sejumlah titik di Kota Bima.

Pertemuan Pemuda Lintas Agama saat difasilitasi FKUB. Foto: Ady

Pertemuan Pemuda Lintas Agama saat difasilitasi FKUB. Foto: Ady

Dalam pertemuan ini ikut hadir Dandim 1608 Bima, Letkol Czi Yudil Hendro, Ketua FKUB kota Bima, Eka Iskandar, Ketua Umat Hindu Darma, I Wayan Sute, Ketua Forum Gereja Kristen Bima, Carles Hasibuan dan Sekertais Kemenag Kota Bima, HM Syafi’i.

Ketua FKUB Kota Bima mengatakan, pemuda lintas agama sejak dua tahun terakhir telah ikut aktif membantu TNI dan Polri untuk mengamankan perayaan hari-hari besar agama di Kota Bima. Terakhir dilakukan saat hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah beberapa waktu lalu.

“Sekarang persiapan untuk pengamanan Idul Adha. Jadi ini merupakan agenda rutin pemuda lintas agama yang dikoordinir FKUB. Bertujuan untuk meningkatkan toleransi dan keharmonisan antar umar beragama,” jelasnya.

Dari hasil pertemuan ini kata Eka, dihasilkan beberapa kesepakatan. Yakni, perwakilan pemuda lintas agama dari Kristen, Hindu dan Tionghoa untuk ikut membantu Pengamanan TNI dsn Polri pada hari raya Idul Adha. Ada tiga titik lokasi pengamanan yang disepakati, yakni di Lapangan Merdeka, Lapangan Kantor Walikota Bima dan Halaman Kampus STAIM Muhammadiyah Kota Bima.

“Perwakilan pemuda lintas agama yang ikut dalam pengamanan Sholat Idul Adha sebanyak 45 orang. Dan kita sudah membagi tugas-tugas mereka. Mudah-mudahan semuanya lancar,” harap Eka.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *