KSM Nasional, Siswa MAN 2 Raih Perunggu

Kota Bima, Kahaba.- Siswa MAN 2 Kota Bima, Husnul Ma’rifah membawa pulng medali perunggu pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional di Pontianak Kalimantan Timur. Husnul hanya kalah selisih waktu dari dua peserta finalis lainnya.

Kepala MAN 2 Kota Bima, Mansyur. Foto: Eric

Kepala MAN 2 Kota Bima, Mansyur. Foto: Eric

Nurul menuturkan, sempat merasa tegang dan grogi menghadapi kompetisi itu, karena melawan peserta dari 33 provinsi. Apalagi duta yang dihadapi merupakan siswa genius pada masing – masing daerah.

“Meski grogi, alhamdulillah saya bisa atasi dan menyelesaikan soal yang sangat sulit,” ujarnya kepada Kahaba.net, Jumat (9/10).

Kata Ifa, begitu dia akrab disapa, terdapat perbedaan yang signifikan antara KSM provinsi dan nasional. Di tingkat nasional, ada materi eksperimen tentang Hukum Jess yakni tentang perbedaan suhu dan laju.

“Soal itu sangat terasa kesulitannya, tapi saya mampu menyelesaikannya dengan cukup waktu,” katanya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kota Bima Mansyur mengatakan, kendati berada diperingkat ketiga, setidaknya Ifa mengalahkan 31 finalis dari seluruh Provinsi.

“Prestasi ini membuat kami bangga,” tuturnya.

Prestasi Ifa, diakuinya, buah dari kesungguhan pembinaan dari latihan, serta ditunjang siswanya yang disiplin dan tekun saat belajar menerima materi.

Berkat juara ketiga nasional, jajaran Kemenag, sekolah dan pemerintah merasa bangga dan terharu. Sebab Ifa menjadi satu-satunya utusan Provinsi NTB dalam event KSM tingkat Nasional untuk bidang studi Kimia.

“Sekolah telah menyiapkan bonus untuk hadiah dan motivasi untuk Ifa,” tambahnya.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *