Siswa TK Yaa Bunayya dan SD Lukman AL Hakim Praktek Manasik Haji

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 300 siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Yaa Bunayya dan SD Lukman Al Hakim mengikuti simulasi manasik haji, di halaman Museum ASI Bima, Sabtu (10/9).

Siswa TK Yaa Bunayya dan SD Lukman AL Hakim saat praktek Manasik Haji. Foto: Eric

Siswa TK Yaa Bunayya dan SD Lukman AL Hakim saat praktek Manasik Haji. Foto: Eric

Siswa terlihat antusias mengikuti proses tahapan simulasi dalam menunaikan rukun Islam tersebut. Dengan menggunakan kain ikhrom, siswa mengikuti tata cara dari bimbingan guru pengajar.

Tidak hanya praktek tawaf dan mengelilingi Ka’bah saja, siswa juga diberikan pelatihan wukuf di Arafah, melempar jumrah dan Sa’i atau berlari-lari kecil antara Bukit Safa dan Marwa, dengan miniatur hampir serupa asli di lokasi.

Kepala TK Yaa Bunayya, Sri Asmiati mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tiap tahun sekolah. Guna melatih siswa mengetahui pelaksanaan ibadah haji, yang sedang dilakukan umat muslim se-dunia.

“Kegiatan ini untuk menanamkan nilai agama serta moral ke siswa sejak usia dini, sebagai bekal mereka kedepan,” ujarnya.

Melalui manasik haji pula, sambung Sri,  pihak sekolah ingin mengenalkan rangkaian ibadah haji secara sederhana kepada anak-anak. Kemudian wali murid yang juga turut menemani siswa, mendapat pelajaran bagaimana pelaksanaan ibadah haji.

“Orang tua siswa sangat antusias, sejak awal hingga akhir kegiatan selalu menemani putra dan putrinya mereka,” katanya.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *