FKUB Ajak Pemuda Lintas Agama Nikmati Daging Kurban

Kota Bima, Kahaba.- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima berencana akan mengajak Pemuda Lintas Agama untuk ikut menikmati daging kurban di halaman kantor setempat, Selasa (13/9) besok.

Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar. Foto: Ady

Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar. Foto: Ady

Hewan kurban FKUB pada hari raya Idul Adha 1437 Hijriah ini berupa satu ekor kambing. Rencana alokasi pembagiannya adalah untuk pegawai honor di Kantor Kementerian Agama Kota Bima.

“Selain itu kita manfaatkan untuk makan bersama dengan Tim Pengamanan Sholat Idul Adha dari Pemuda Lintas Agama,” jelas Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar.

Kata dia, Tim Pemuda Lintas Agama turut membantu tugas TNI dan Polri dalam pengamanan pelaksanaan Sholat Idul Adha. Mereka berjumlah 60 orang dan disebar di tiga titik utama. Yakni, di Lapangan Serasuba, di Halaman Kantor Pemerintah Kota Bima dan Halaman Kampus IAI Muhammadiyah Kota Bima.

“Ini adalah wujud kebersamaan dari terbinanya pola kerukunan umat beragama di Kota Bima. Hal ini selalu ada umpan balik,” ujarnya.

Maksudnya lanjut Eka, saatnya kita buktikan bahwa sesama umat beragama saling memahami akan kebutuhan kebersamaan. Sementara umpan balik yang dimaksud adalah pada saat Sholat Idul Fitri dan Idul Adha, pengamanan dilakukan oleh Pemuda Lintas Agama, dari Kristen, Katolik dan Hindu Dharma.

Sebaliknya, jika yang melaksanakan hari raya Natalan, misalnya Katolik atau Kristen Protestan, maka pengamanan itu dilakukan oleh Pemuda Islam dan Hindu Dharma. Atau jika Umat Hindu Dharma melaksanakan hari raya keagamaannya, maka Pemuda Muslim dan Pemuda Katolik serta Protestan-lah yang melaksanakan pengamanannya.

Momen seperti ini menurutnya, merupakan saat paling tepat untuk kita menunjukkan kebersamaan demi kelangsungan harmonisasi keagamaan melalui pilar pemudanya.

“Kita akan buktikan bahwa FKUB Kota Bima siap menyatukan semua pemeluk umat beragama yang ada,” tandasnya.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *