Peringati Harganas ke-XXIII, Dikes Gelar Pelayanan KB Gratis

Kota Bima, Kahaba.- Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Provinsi NTB yang ke-XXIII di Kota Bima, sejumlah kegiatan digelar. Diantaranya Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima menggelar kegiatan pelayanan KB dan pemeriksaan deteksi kanker leher rahim (IVA) di lapangan Merdeka Bima.

Pelayanan KB Gratis saat peringatan Harganas ke-XXIII. Foto: Eric

Pelayanan KB Gratis saat peringatan Harganas ke-XXIII. Foto: Eric

“Kegiatan Ini menjadi bagian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya memberikan pelayanan KB gratis, disertai pemeriksaan untuk mendeteksi kanker leher rahim (IVA),” ujar Kepala Seksi (Kasi) KIA KB Remaja dan Lansia Dikes Kota Bima, Nurfauziati selasa (20/9).

Dikatakan Nur, pelayanan tersebut  dapat menekan angka pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Sehingga perlu diimbangi dengan cara pengendalian laju pertumbuhan penduduk, melalui pemasangan alat KB.

“Selain dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan cara pengaturan kelahiran anak, diharapkan program KB juga dapat membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan sosial ekonomi suatu keluarga. Sehingga terbentuk keluarga bahagia dan sejahtera, yang dapat memenuhi kebutuhan hidup,” jelasnya.

Nur menambahkan, selama kegiatan Harganas berlangsung. Puskesmas di lima kecamatan juga memberikan pelayanan KB dan pemeriksaan untuk mendeteksi kanker leher rahim (IVA). Kemudian berdasarkan data yang diperoleh dari seluruh puskesmas, sudah ada 285 ibu rumah tangga dan atau yang sudah menikah telah diperiksa kesehatannya oleh dokter.

Pemeriksaan ini dilakukan agar ibu rumah tangga dan atau yang sudah menikah selalu mengecek kondisi badan melalui konsultasi dan pemeriksaan kesehatan. Agar mengetahui sejak dini, apakah tubuh kita telah terserang penyakit atau tidak.

“Jika setiap orang melakukan pemeriksaan kesehatan sedini mungkin, maka upaya pencegahan lebih maksimal dibandingkan saat mengobati,” bebernya.

Dia menambahkan, melalui pelayanan KB serta informasi kesehatan yang diberikan, juga dapat memberikan pemahaman dan informasi bagi wanita yang telah menikah dan berkeluarga. Agar segera melakukan pemeriksaan diri, dan tidak menunggu sakit itu datang.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *