LPPD Kota Bima Dievaluasi Pemprov NTB

Kota Bima, Kahaba.- Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kota Bima akhirnya di evaluasi Tim LPPD Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. Agenda pemeriksaan dan evaluasi kelengkapan dokumen tersebut dilakukan selama tiga hari, dari tanggal 14 hingga 16 September.

LPPD Kota Bima dievaluasi. Foto: Eric

LPPD Kota Bima dievaluasi. Foto: Eric

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum (APU) Setda Kota Bima, H. Faharuddin mengakui, selama tiga hari pemeriksaan dan evaluasi, tim LPPD Provinsi NTB menemukan beberapa kekurangan data pendukung beberapa SKPD. Diantaranya data laporan keuangan, dan juga rekon aset yang belum dilengkapi.

Setelah mengetahui ada kekurangan data dari beberapa SKPD kata dia, maka dalam waktu dekat ini akan melakukan koordinasi kembali dengan instansi terkait. Guna segera melengkapi rekon aset dan laporan keuangan yang belum diserahkan.

“Setelah semua data dan laporan rampung, maka pihak APU segera mengirimkan ke pihak provinsi. Untuk diperiksa dan dievaluasi laporannya bersama seluruh SKPD Kota Bima,” katanya kepada kahaba.net Selasa (20/9).

Setelah penyerahan dilakukan kepada tim LPPD Provinsi NTB sambungnya, bulan Oktober mendatang direncanakan LPPD Kota Bima juga LPPD Provinsi NTB akan diperiksa secara bersamaan oleh tim LPPD Pusat.

Setelah periksa tim LPPD pusat, maka Kemendagri akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang perangkingan LPPD masing-masing 10 Kabupaten dan Kota di NTB serta juga seluruh wilayah di Indonesia.

Pemeriksaan dan evaluasi LPPD Kota Bima meliputi kelengkapan dokumen pendukung dari Indikator Kinerja Kunci (IKK) setiap SKPD. Seperti laporan tentang tataran pengambilan kebijakan, kemudian tataran pengambilan kebijakan administrasi umum dan tataran pelaksanaan kebijakan.

“Pemeriksaan itu wajib dilakukan, agar dapat dievaluasi oleh Tim LPPD untuk melihat seperti apa pengelolaan anggaran. Apa sudah dilakukan dengan baik, dan secara transparan. Sehingga setiap daerah dapat mencapai sistem pelaporan dan pengelolaan keuangan daerah yang baik dan benar,” tuturnya.

Mengingat Kota Bima meraih predikat terbaik dalam laporan LPPD tingkat Bali-Nusra tahun 2015 lalu, dengan meraih peringkat ke-38, Faharuddin berharap semoga di tahun 2016 Pemerintah Kota Bima kembali meraih predikat terbaik, bahkan lebih meningkat lagi dibanding tahun lalu.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *