Kodim 1608 Bima Gelar Upacara HUT TNI ke-71

Kota Bima, Kahaba.- Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-71, Rabu (5/10) dilaksanakan serentak di seluruh daerah di Indonesia. Di Bima, Upacara HUT dipusatkan di Halaman Markas Kodim 1608 Bima.

Kodim 1608 Bima saat menggelar Upacara HUT TNI ke-71. Foto: Ady

Kodim 1608 Bima saat menggelar Upacara HUT TNI ke-71. Foto: Ady

Pelaksanaan upacara ini dipimpin Dandim 1608 Bima, Letkol Czi. Yudil Hendro. Dihadiri Asisten I Setda Kota Bima, Kajari Raba Bima, Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima, Kapolres Bima, Kapolres Bima Kota dan para Veteran Mantan Pejuang.

Serta melibatkan Prajurit TNI, Brimob, Polisi, Pengurus KNPI, Pramuka, Senkom Mitra Polri, Sat Pol PP, Linmas dan GP Ansor sebagai peserta. Meski berlangsung sederhana, pelaksanaan HUT TNI ke-71 ini berjalan khidmat.

Dalam upacara ini, Dandim membacakan amanat Panglima TNI, Gatot Nurmantyo untuk seluruh Prajurit TNI dan rakyat Indonesia. Diantara amanat itu berisi pesan bahwa peringatan HUT TNI tahun ini tidak dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan parade, defile dan demonstrasi atraktif para prajurit maupun alutsista TNI. Tetapi upacara dilaksanakan di tingkat daerah secara sederhana.

Kodim 1608 Bima saat menggelar Upacara HUT TNI ke-71. Foto: Ady

Kodim 1608 Bima saat menggelar Upacara HUT TNI ke-71. Foto: Ady

Panglima TNI berharap, kegiatan yang dilaksanakan kali ini tidak mengurangi makna dan kemeriahan peringatan itu sendiri. Sebab setiap satuan wilayah TNI melaksanakan upacara yang dipadukan dengan pertunjukan seni.

Mengangkat kearifan lokal budaya, seperti baca puisi, cipta lagu, tarian daerah setempat, dan mengadakan kegiatan sosial bedah rumah, operasi katarak dan pengobatan massal. Hal itu merupakan wujud kepedulian TNI terhadap rakyat.

Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya kata Panglima, merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2016.

Oleh karena itu, tema pokok HUT TNI ke-71 adalah ‘Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian’

Usai pelaksanaan upacara, ditampilkan tarian khas daerah Bima yakni Tari Tembe Nggoli dan atraksi karate para atlet cilik dari INKAI Kabupaten Bima binaan Kodim 1608 Bima. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan kue tumpeng sebagai bentuk rasa syukur TNI.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *