Pekerjaan Dana Desa di Desa Riamau Dimulai

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pekerjaan proyek menggunakan dana desa di Desa Riamau Kecamatan Wawo dimulai. Peletakan batu pertama pembangunan pagar permanen keliling dikerjakan, Senin (10/10).

Peletakan batu pertama pekerjaan proyek dari dana desa di Desa Riamau. Foto: Firman

Peletakan batu pertama pekerjaan proyek dari dana desa di Desa Riamau. Foto: Firman

Hadir pada kegiatan tersebut jajaran Muspika Kecamatan Wawo, BPD, pemerintah desa serta tokoh masyarakat desa setempat.

Kepala Desa Riamau Saala Ilyas mengatakan, anggaran dana desa untuk Desa Riamau tahun 2016 sebesar Rp 1.085.000.000. Dari anggaran itu, digunakan untuk kegiatan pembangunan sebesar Rp 500 lebih juta, sisanya untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah desa, pemberdayaan, pembinaan, gaji aparatur desa, BPD dan lain-lain.

“Anggaran pembangunan kami laksanakan pekerjaan seperti pagar permanen keliling kampung, bronjonisasi, rehab MCK, pengadaan mobil angkutan desa dan sejumlah kegiatan lain,” sebutnya.

Kepala Desa menyampaikan, untuk pengadaan mobil angkutan desa diprioritaskan, mengingat jarak Desa Riamau dengan Desa lainnya atau Ibu kota kecamatan yang begitu jauh, jaraknya saja untuk dusun terdekat sekitar 11 kilo dan dusun terjauh 14 kilo.

Disisi lain, mobil ini juga akan digunakan untuk transportasi antar Dusun di desa ini, mengingat jarak antar dusun yang terbilang jauh.

“Satu kesyukuran bagi kami pemerintah desa dan masyarakat Desa Riamau bahwa kami juga mendapat Dana APBD Kabupaten Bima untuk Hotmix jalan desa sebesar Rp 750 juta, perawatan listrik tenaga surya terpusat Rp 150 juta dan pengadaan pipanisasi untuk air bersih sebesar Rp 200 juta. Ini sangat membantu kami,” ungkapnya.

Saala berharap dengan berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan yang dilaksanakan ini bisa menjadikan Desa Riamau menjadi desa paling maju di Kabupaten Bima, lebih khusus di Kecamatan Wawo, baik pada sektor ekonomi maupun pada sektor lainya.

“Kebersamaan juga menjadi salah satu hal penting dalam segala kegiatan pembangunan di Desa ini,” pintanya.

Dia menambahkan, Desa Riamau merupakan desa dengan penghasil Kemiri dan penghasil Jagung terbesar di Kecamatan Wawo maupun Kabupaten Bima, mengingat luasnya area perkebunan dan pertanian di Desa.

*Firman

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *