Dikpora Buka Pelatihan PKK Menjahit

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Dikpora Kota Bima menggelar pelatihan Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) untuk bentuk keterampilan menjahit bagi 80 peserta dari tujuh PKBM di Kota Bima, di Aula SMKN 3 Kota Bima, Kamis (13/10).

Pelatihan PKK Menjahit. Foto: Eric

Pelatihan PKK Menjahit. Foto: Eric

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui bantuan anggaran dari Kemendikbud Tahun 2016, sebagai bagian dari program pendidikan kecakapan kerja diseluruh Indonesia.

Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, H. Alwi Yasin saat memberikan sambutan mengatakan, saat ini manusia indonesia dituntut harus siap dalam menghadapi era pasar bebas, termasuk hadirnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sehingga diwajibkan untuk terus mengembangkan keahlian dan ketrampilan, agar mampu berkompetisi.

Dalam menghadapi era globalisasi tersebut, salah satunya dengan pemerintah menggelar pelatihan. Oleh karena itu, peserta harus memanfaatkan waktu dengan baik, sekaligus bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan.

“Semoga peserta dapat mengikuti pelatihan ini sampai dengan selesai. Karena kami meyakini dengan program pelatihan menjahit, ibu-ibu bisa mempunyai keterampilan juga mempunyai penghasilan sendiri dan bisa membantu ekonomi keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) PNFI Dikpora Kota Bima Hj. Dewi Triyani pelatihan berbasis kompetensi ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan para peserta, yang sudah bisa dikatakan dicari oleh para pencari tenaga kerja, maupun usaha mandiri. Sekaligus usaha pemerintah untuk menekan angka pengangguran, maka pelatihan keterampilan seperti ini harus dilaksanakan.

“Selama pelatihan dua bulan kedepan, pada akhirnya para peserta akan di evaluasi kembali melalui uji komptensi. Bagi yang belum lulus akan diikutkan lagi tahun depan, sedangkan yang lulus akan memeperoleh sertifikat, sehingga peluang untuk diserap pada beragam sektor pekerjaan akan terbuka,” katanya.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *