Kabar Bima

Dikpora Gelar PKW Bidang Tata Boga

215
×

Dikpora Gelar PKW Bidang Tata Boga

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Setelah sebelumnya menggelar pelatihan Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) di aula SMKN 3 Kota Bima. Dinas Dikpora Kota Bima kembali menggelar pelatihan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) di Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota, dalam bentuk Keterampilan tata boga.

Foto bersama usai kegiatan PKW Bidang Tata Boga. Foto: Eric
Foto bersama usai kegiatan PKW Bidang Tata Boga. Foto: Eric

10 peserta mengikuti pelatihan yang dipusatkan di Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Terumbu Karang, mulai 14 Oktober – 14 Desember mendatang.

Dikpora Gelar PKW Bidang Tata Boga - Kabar Harian Bima

“Pelatihan ini bertujuan untuk membina, sekaligus mengembangkan keterampilan kaum wanita dalam mengolah makanan yang berbahan dasar ikan. Sehingga dapat bernilai lebih ketika diproduksi,” ujar Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, H. Alwi Yasin, Jumat (14/10).

Alwi menuturkan, dijaman globalisasi dan kecanggihan tekhnologi. Masyarakat dituntut harus siap menghadapi era pasar bebas, apalagi saat ini telah dihadapkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sehingga mau tidak mau, masyarakat diwajibkan untuk mengembangkan ketrampilan, agar mampu bersaing.

“Saya menghimbau kepada peserta pelatihan, untuk menyerap setiap materi yang dijelaskan instruktur. Agar dapat dipahami dengan baik, lalu diaplikasikan dalam praktek lapangan,” akunya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) PNFI Dikpora Kota Bima Hj. Dewi Triyani menambahkan, pelatihan itu diselenggarakan untuk membentuk keahlian dan keterampilan.

“Melalui bahan dasar ikan, peserta diharapkan mampu membuat berbagai macam aneka makanan yang berkualitas dan mempunyai harga tinggi. Seperti pembuatan kue, abon, bakso, yang kesemuanya merupakan berbahan dasar ikan, sesuai dengan wilayah Kelurahan Kolo yang merupakan sentra produksi ikan,” tandasnya.

*Eric