Kabar Bima

Wabup Bima Silaturahim dengan Jajaran SMA 1 Bolo

261
×

Wabup Bima Silaturahim dengan Jajaran SMA 1 Bolo

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Acara silaturahmi yang dirangkaikan dengan serahterima jabatan Kepala Sekolah SMAN 1 Bolo dari Saidin, ke Kepala Sekolah yang baru dilantik Emi, Senin (24/10) berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan.

Wabup Bima (Kanan) saat silahturahim di SMAN 1 Bolo. Foto: Hum
Wabup Bima (Kanan) saat silahturahim di SMAN 1 Bolo. Foto: Hum

Pada kesempatan tersebut hadir Wakil Bupati Bima H. Dahlan HM. Noer yang didampingi Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima dan SKPD terkait di aula perpustakaan SMAN 1 Bolo

Wabup Bima Silaturahim dengan Jajaran SMA 1 Bolo - Kabar Harian Bima

Wakil Bupati dalam arahannya  memaparkan,  kepala sekolah merupakan jabatan tambahan yang diamanahkan selain tugas pokok sebagai guru.  Meski demikian, kepala sekolah merupakan orang yang paling bertanggungjawab terhadap aplikasi prinsip-prinsip administrasi pendidikan yang inovatif di sekolah.

“Artinya, meskipun mendapat tugas sebagai kepala sekolah bukan berarti meninggalkan tugas sebagai seorang guru yang  memberikan pelajaran bidang studi tertentu atau memberikan bimbingan,” ujarnya.

Berkaitan dengan tugas baru Saidin yang dipercaya sebagai Pengawas, Kata Dahlan, dalam proses pendidikan tugas seorang pengawas  (supervisi) merupakan bagian tidak terpisahkan dalam upaya peningkatan prestasi belajar dan mutu sekolah dalam memberikan layanan kepada stakeholder pendidikan, terutama kepada  guru, baik secara individu maupun secara kelompok dalam usaha memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Menyadari pentingnya upaya peningkatan mutu dan efektifitas tugas sekolah, maka kegiatan pengawasan harus difokuskan pada perilaku dan perkembangan siswa sebagai bagian penting dari kurikulum atau mata pelajaran, organisasi sekolah, kualitas belajar mengajar, penilaian atau evaluasi, sistem pencatatan, kebutuhan khusus, administrasi dan manajemen, bimbingan dan konseling, peran dan tanggung jawab orang tua dan masyarakat.

“Selain itu seorang kepala sekolah merupakan panutan bagi para guru dan siswa terutama dalam perilaku dan tutur kata sehingga harus  pandai menjaga sikap dan etika dalam interaksi di lingkungan sekolah,” jelas Wabup.

Wakil Bupati Bima berharap,  kepemimpinan Emi akan mampu membawa SMAN 1 Bolo ke arah yang lebih baik, terutama program yang akan dilaksanakan kedepan demi memajukan sekolah. Sekaligus  menciptakan para anak didik yang handal dan berprestasi pada beragam ajang lomba  yang diikuti.

*Bin/Hum