Guru Garda Terdepan Ciptakan Generasi Berkualitas

Kabupaten Bima, Kahaba.- Untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendidik dan kependidikan yang mengabdi pada SD, SDLB dan MI  se-Kabupaten Bima, Rabu (2/11) Wakil Bupati Bima H. Dahlan M. Noer memberikan pembinaan Aparatur Sipil Negara khususnya kepala sekolah, para guru di gedung Paruga Nae kecamatan Wawo.

Para guru saat menjadi peserta pertemuan peningkatan kapasitas aparatur. Foto: Hum

Para guru saat menjadi peserta pertemuan peningkatan kapasitas aparatur. Foto: Hum

Wabup dalam arahannya kembali menegaskan peran guru dalam memajukan bidang pendidikan. Guru harus menjadi garda terdepan dalam  meningkatkan mutu  pendidikan. Cita-cita untuk menciptakan generasi berkualitas mustahil dapat dicapai tanpa peran aktif pendidik.

Dihadapan para guru SD, SDLB dan MI  Wabup mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas yang digagas jajaran Dinas Dikpora memiliki arti penting, untuk mendukung upaya pemerintah daerah dan masyarakat dalam membangun dunia pendidikan sebagai salah satu pilar penting pembangunan daerah melalui pengembangan kapasitas para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

“Kedepan, pasca pembinaan ini, para guru  dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik dan memahami aspek pembelajaran. Demikian halnya menyangkut keberadaan kepala sekolah yang harus senantiasa menjadi panutan dan contoh yang baik bagi para guru dan melahirkan ide kreatif untuk membawa sekolah  ke arah yang lebih baik dan maju,” katanya.

Era ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sambung Dahlan, menuntut para guru menguasai teknologi informasi (IT) untuk terus meningkatkan kapasitas demi meningkatkan pembelajaran kepada  siswa.

“Pengembangan kapasitas tidak bisa dilakukan secara instan, tetapi butuh proses. Guru harus berpikir bagaimana meningkatkan kapasitas, kompetensi dan kemampuan masing-masing agar dapat memberikan sumbangsih nyata bagi peningkatan kapasitas kelembagaan di Dinas Dikpora,” tuturnya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *