Orang Tua Diminta Ajarkan Anak Belajar Al Quran

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Al Quran (LPTQ) Kecamatan Wawo H. Anwar M. Tayeb mengatakan, usia yang baik untuk mengajarkan Al Quran kepada generasi yakni pada usia anak – anak. Sehingga pada perlombaan sepeti MTQ, anak – anak juga dibiasakan mengikuti perlombaan.

Ketua LPTQ Kecamatan Wawo H. Anwar M. Tayeb. Foto: Firman

Ketua LPTQ Kecamatan Wawo H. Anwar M. Tayeb. Foto: Firman

Lebih dari itu, anak – anak yang diajarkan juga bisa dengan mudah mengamalkan tuntunan dalam Al Quran dalam kehidupan sehari – hari. Sehingga generasi tumbuh menjadi pribadi yang berakhalakul Qorimah.

“Kalau yang usianya sudah remaja dan dewasa, mereka belajar dan membaca Al Quran ketika ada lomba atau kegiatan MTQ semacam ini. Jadi, sebaiknya belajar itu bisa dimulai pada usia anak-anak,” ujarnya saat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan MTQ Desa Kambilo, Selasa (01/10).

Untuk itu, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat setempat untuk bisa mengajarkan anak – anak mengaji pada usia dini. Jika tidak berkesempatan, maka bisa mendatangi guru ngaji.

Menurut dia, belajar mengaji pada usia sudah remaja maupun dewasa, juga berdampak pada pencapaian Qori dan Qoriah di Kecamatan Wawo. Karena hingga saat ini Wawo belum mendapatkan prestasi yang membanggakan di tingkat MTQ Kabupaten.

Diakuinya juga, untuk tahun ini LPTQ Kecamatan Wawo mulai melakukan pengembangan kemampuan baca Al Quran, pihaknya bekerja sama dengan Qori yang ada di pondok Al-Husaini Bima. Dengan harapan, kemampuan membaca Al Quran bisa meningkat.

“Kerjasama ini sudah mulai berjalan,” katanya.

*Firman

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *