FKUB Minta Tokoh Lintas Agama Beri Pencerahan Ummat

Kota Bima, Kahaba.- Menindaklanjuti aksi unjuk rasa gabungan umat Islam Bima kemarin, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar pertemuan tokoh lintas agama, Sabtu (5/11) siang. Pertemuan ini sebagai upaya untuk tetap menjaga keharmonisan antar umat beragama di Kota Bima.

Pertemuan FKUB Kota Bima dengan Tokoh Lintas Agama. Foto: Ady

Pertemuan FKUB Kota Bima dengan Tokoh Lintas Agama. Foto: Ady

Dalam pertemuan ini, Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar meminta kepada seluruh tokoh lintas agama di Kota Bima untuk tetap tenang, tidak terpancing provokasi dan memberikan pencerahan kepada ummat masing-masing.

“Kepada para tokoh agama dan pimpinan agama wajib untuk menjaga umatnya, wajib menjaga kedamaian umatnya serta hubungan antar umat beragama,” pintanya.

Sesuai fungsinya kata Eka, FKUB berperan memberikan kesejukan dan kenyamanan kepada seluruh pemeluk agama dan menciptakan iklim yang nyaman, damai serta kondusif sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan baik.

“Aksi kemarin telah berjlan aman dan lancar. Tidak ada penumpang gelap yang memperkeruh suasana demo. Hal ini patut kita syukuri,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Eka juga meminta kepada tokoh lintas agama terutama dari Non Muslim agar tidak menyampaikan hal-hal yang menimbulkan keresahan umatnya masing-masing. Selain itu, mempercayakan penegakan hukum dan keamanan kepada pihak Kepolisian maupun TNI.

“FKUB merupakan rumah kita bersama untuk seluruh umat beragama, untuk hubungan antar umat beragama di kota Bima tidak ada masalah kita semua rukun dan damai,” terangnya.

Harapan senada juga disampaikan Kapolres Bima Kota, AKBP Ahmad Nurman, Ia berharap kepada tokoh agama untuk dapat memberikan kedamaian kepada umatnya. Memberikan informasi-informasi menyejukan serta selalu berkomunikasi dengan Kepolisian maupun TNI untuk melaporkan segala sesuatu yang berkaitan dengan persoalan agama.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan khususnya untuk kerukunan umat beragama,” janjinya.

Para Tokoh Lintas Agama, diantaranya Ketua FKGK Kota Bima, Charles Pangaribuan, Pendeta Gereja Santo Yusuf, Karnesius dan Ketua PHDI Hindu Darma Bima, I Wayan Sute mengapresiasi kinerja Kepolisian karena mampu mengamankan suasana agar tetap kondusif.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *