Pengembangan Pelabuhan Bima, Walikota Bima Rakor dengan Kementerian Kemaritiman

Kota Bima, Kahaba.- Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin didampingi Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan serta Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) antar Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah, Senin (7/11).

Rakor dengan Kementerian Kemaritiman bahas pengembangan Pelabuhan Bima. Foto: Hum

Rakor dengan Kementerian Kemaritiman bahas pengembangan Pelabuhan Bima. Foto: Hum

Rapat diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman itu digelar di gedung kantor Menko Kemaritiman, dan dipimpin oleh Deputi Bidang Infrastruktur Ridwan Djamaluddin. Selain Pemerintah Daerah Kota Bima, hadir Bupati Bima, Bupati Dompu dan Bupati Sumbawa Barat bersama jajaran. Hadir pula perwakilan PT. Pelindo III serta KSOP Bima.

“Rapat membahas tentang tindaklanjut kunjungan kerja Menko Kemaritimam Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ke wilayah Bima pada bulan Oktober lalu. Agenda utama pembahasan rapat adalah penataan kawasan pesisir khususnya pengembangan pelabuhan,” ujar Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin.

Kata dia, pada kesempatan itu perwakilan PT. Pelindo III menjelaskan secara umum kondisi terkini Pelabuhan Bima. Dikatakan bahwa permasalahan paling serius yang dihadapi Bima adalah pendangkalan laut dengan tingkat sedimentasi mencapai 9 cm per tahun. Tahun depan PT. Pelindo III telah memprogramkan akan melaksanakan pengerukan.

Saat ini di Pelabuhan Bima telah disiapkan layanan petikemas serta telah ada kapal-kapal khusus yang dimanfaatkan untuk pengangkutan hasil pertanian seperti jagung dan beras. PT. Pelindo III juga menyatakan siap bekerja sama dengan pihak Kementerian Koordinator Kemaritiman untuk menyiapkan jalur pengangkutan melalui laut yang representatif untuk hasil pertanian dari wilayah Bima dan Dompu.

Sementara itu, Walikota Bima berharap agar PT. Pelindo III dan Menko Kemaritiman dapat terus memberikan dukungan bagi Pemerintah Daerah, terutama dalam hal pengerukan Pelabuhan Bima. Walikota bersama Kepala Daerah lain juga berkomitmen untuk membangun koordinasi dalam upaya pengelolaan sungai dan hutan untuk mengurangi banjir yang membawa materi sedimentasi.

“PT. Pelindo III dan Menko Kemaritiman membantu membangun jalur pengangkutan yang efisien dan cepat, sementara Pemerintah Daerah akan berupaya meningkatkan produktivitas pertanian. Ini menjadi komitmen kita bersama,” pungkasnya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *