Bantuan Bibit Jagung Harus Sesuai Kebutuhan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Menyikapi aspirasi petani Kecamatan Wawo yang mengeluhkan bantuan bibit jagung tidak sesuai dengan harapan, mendapat respon dari anggota DPRD Kabupaten Bima M. Yasin.

Anggota DRPD Kabupaten Bima, M. Yasin. Foto: Ady

Anggota DRPD Kabupaten Bima, M. Yasin. Foto: Ady

Menurut Yasin, bantuan yang digelontorkan pemerintah harus sesuai kebutuhan petani. Pasalnya, varietas yang cocok untuk ditanam di daerah Wawo yaitu bisi tongkol 2. Selama ini, petani Wawo memeroleh hasil yang memuaskan untuk Varietas. Tapi untuk varietas yang lain, sudah mereka coba namun hasilnya sangat kurang maksimal.

“Ini membuktikan dinas terkait tidak berkoordinasi dulu dengan petani. Sehingga tidak tahu apa yang mereka butuhkan. Sebab, program ini akan berhasil bila dilakukan tepat sasaran,” protes Yasin, Kamis (17/11).

Sejatinya kata Yasin, yang juga merupakan ketua Himpunan Tani (HKTI) Kabupaten Bima, Pemerintah harus peka dengan kebutuhan petani.

“Buat apa bantuan bibit. Sementara bibit yang diberikan kepada petani pun tidak sesuai dengan kebutuhan dilapangan,” sesalnya.

Yasin menambahkan, Pemerintah Pusat sudah mengelontorkan anggaran yang begitu besar untuk petani. Apabila pemerintah daerah tidak memanfaatkan program ini dengan baik, termasuk untuk pengadaan bibit. Maka program tidak akan berhasil.

*Kahaba-08

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *