Dinas Sosdukcapil NTB Gelar Bimtek Service Provider

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi NTB bersama Dinas Sosnaker Kota Bima menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Service Provider Program Keluarga Harapan (PKH) di aula SMPN 6 Kota Bima, Rabu (24/11).

Bimtek Service Provider. Foto: Eric

Bimtek Service Provider. Foto: Eric

Kegiatan tersebut diikuti 60 peserta dari bidang tekhnis kesehatan, pendidikan, operator,  pendamping PKH dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kota Bima.

“Bimtek ini bertujuan untuk membangun kesepakatan dan konsep dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH). Diantara para peserta yang menjadi bagian dari service provider,” ujar Kepala Dinsosnakertrans Kota Bima, H. Muhidin.

Melalui pelatihan service provider, sambung Muhidin, maka indikasi permasalahan yang dihadapi para petugas dilapangan, saat menjalankan peran dan fungsi pelaksanaan PKH dapat diketahui dan dicarikan solusinya.

“Lewat bimtek ini, para peserta dapat mengerti akan tugas pokok, fungsi serta peran dalam menjalan tugas penuh disiplin ditengah masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Jaminan Kesehjahteraan Sosial Dinsoskepencapil Provinsi NTB Lalu Kukuh Atmaja menuturkan, rangkaian kegiatan ini merupakan agenda rutin. Hingga saat ini sudah sembilan daerah yang dikunjungi, terakhir di Kabupaten Dompu.

“Insaa Allah menjelang akhir tahun ini, tinggal Kabupaten Dompu menjadi tujuan tempat pelaksanaan. Sehingga pada tahun 2016, bimtek yang kami laksanakan sesuai rencana program kedinasan,” bebernya.

Adapun output penting yang dihasilkan dengan terselenggaranya bimtek ini paparnya, terinditifikasinya permasalahan terkait pelaksanaan PKH di lapangan. Kemudian, terpecahkannya permasalahan dengan PKH melalui diskusi antara peserta dan pemateri.

“Bimtek ini untuk meningkatnya kapasitas dan keterampilan petugas service provider dalam pengisian form verifikasi, serta meningkatkan kesiapan petugas yang dapat memperlancar pelaksanaan PKH di lapangan,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *