Kabar Bima

BPBD Akan Bentuk Desa Tangguh Banjir

242
×

BPBD Akan Bentuk Desa Tangguh Banjir

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima berencana akan membentuk Desa Tangguh Banjir. Tujuannya, untuk mengantisipasi bencana alam musim hujan, utamanya banjir secara dini.

BPBD Akan Bentuk Desa Tangguh Banjir - Kabar Harian Bima
Kepala BPBD Kabupaten Bima, H Sumarsono. Foto: Ady

“Kita rencanakan bentuk Desa Tangguh Banjir ini di tiga titik di Kabupaten Bima. Yakni di Kecamatan Sape, Bolo dan Woha,” kata Kepala BPBD Kabupaten Bima, H Sumarsono kepada Kahaba.net, kemarin.

BPBD Akan Bentuk Desa Tangguh Banjir - Kabar Harian Bima

Sebelum pembentukan Desa Tangguh Banjir ini jelasnya, terlebih dahulu akan dilaksanakan kegiatan rencana kontinitas penanggulangan banjir tingkat Kabupaten Bima. Hal ini dilakukan untuk memperkuat pemahaman masyarakat terkait bagaimana antisipasi dini bencana banjir.

“Kita ingin masyarakat lebih siap dan sigap karena kita tidak tahu kapan banjir akan terjadi. Tetapi minimal siklus banjir tahun sudah kita petakan dimana saja titiknya,” terang Sumarsono.

Selain penanggulangan banjir, pihaknya juga tetap mengatensi pencegahan bencana musih hujan lainnya, seperti tanah longsor dan angin puting beliung. Walaupun saat ini diakuinya, belum ada laporan masyarakat terkait dampak banjir selama awal musim hujan.

“Hasil koordinasi kita dengan BMKG, puncak musim hujan diperkiran akhir Desember atau Januari nanti. Makanya, yang terpenting bagi kita adalah kesiapan mengantisipasi,” tambahnya.

*Kahaba-03