HM Lutfi Awasi Penyaluran Bantuan PKH

Kota Bima, Kahaba.- Penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kantor Pos Kota Bima mendapat pengawasan langsung dari Anggota DPR RI, H Muhammad Lutfi, Kamis (15/12). Kehadiran wakil rakyat asal Bima ingin memastikan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial ini tepat sasaran.

HM Lutfi saat berada ditengah-tengah masyarakat penerima bantuan PKH. Foto: Ady

“Ini program pemerintah pusat, saya ditugaskan untuk mengawasi apakah uang yang dikirim ini sudah diterima oleh masyarakat dengan baik dan tepat sasaran,” jelasnya dihadapan penerima bantuan didampingi Kepala Pos Indonesia Cabang Bima.

Namun Anggota Komisi VIII ini yakin, penyaluran bantuan untuk Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kota Bima akan berjalan dengan baik karena ikut diawasi Pendamping PKH.

“Para Pendamping PKH yang saat ini berada di tengah-tengah Bapak dan Ibu merupakan orang-orang terpilih. Saya yakin mereka bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” kata Lutfi.

Dirinya berharap, melalui bantuan tersebut ada peningkatan taraf hidup masyarakat RTS di Kota Bima. Bantuan dana tunai itu bisa dimanfaatkan untuk membantu biaya pendidikan anak-anak dari keluarga miskin. Sehingga mereka tidak terancam putus sekolah atau yang putus sekolah bisa kembali bersekolah.

“Saya ingin keluarga ibu nanti menjadi keluarga mandiri, karena anak usia SD kita bantu Rp500 ribu, SMP Rp750 ribu, SMA Rp1 Juta dan balita Rp1,2 juta. Dana ini diterima setiap tiga bulan sekali demi menjamin bagaimana anak-anak kita sekolahnya lebih rajin lagi,” harapnya.

Kalau anak putus sekolah lanjut dia, hanya karena kendala biaya pendidikan maka yang rugi masyarakat sendiri. Sebab, bantuannya tidak bisa didapat lagi. Bantuan difokuskan untuk biaya sekolah karena dinilainya sekolah merupakan salah satu faktor yang bisa memutus mata rantai kemiskinan.

“Kalau anak kita sekolahnya baik, pasti ekonominya ke depan akan lebih baik lagi dan bisa membantu bapak dan ibu juga,” tutur Duta Partai Golkar ini.

Pada kesempatan ini pula, Lutfi berjanji kepada masyarakat untuk memperjuangkan penambahan RTS pada Tahun 2017 mendatang. Karena Ia yakin, masih ada masyarakat yang layak menerima tetapi belum menerima lantaran faktor tidak didata maupun kendala lainnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Bima, Suworo mengapresiasi kunjungan langsung H Muhammad Lutfi untuk mengawasi penyaluran bantuan. Ia memastikan pihaknya akan bekerja profesional untuk menyalurkan bantuan PKH tersebut pada penerima yang berhak.

Kata dia, berdasarkan data jumlah penerima bantuan PKH di Kota Bima sebanyak 2048 RTS mencakup lima kecamatan. Penyaluran rencananya akan dilakukan selama dua hari. Untuk hari pertama, kepada warga Kecamatan Rasanae Timur dan Raba.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *