Tingkatkan Kualitas Pendidik, SMKN 3 Gelar MGMP

Kota Bima, Kahaba.- Guna meningkatkan pemahaman dan kualitas guru setempat, SMKN 3 Kota Bima menggelar kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) secara internal. Acara tersebut digelar selama dua hari, sejak Kamis hingga Jumat (15-16/12), di ikuti 106 tenaga pengajar dengan tiga pemateri Ihyaudin dan tasrif dan muhammad badrun.

Kepala SMKN 3 Kota Bima, Sanusin Ahmad. Foto: Eric

“Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk memecahkan dan mencari solusi setiap masalah yang dihadapi guru dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari dilapangan,” ujar Kepala SMKN 3 Kota Bima Sanusin, saat menyampaikan sambutan, Kamis (15/12).

Menurut Sanusin, MGMP merupakan sebuah wadah organisasi profesi guru, yang bersifat non struktural. Dibentuk oleh guru-guru di sekolah menengah di suatu wilayah, sebagai wahana untuk saling bertukaran pengalaman dan pikiran dalam meningkatkan kemampuan sekaligus memperbaiki kualitas pembelajaran.

MGMP lebih mencakup untuk membahas permasalahan yang ada, sehingga dapat mengetahui permasalahan dan mencari solusinya dari hasil pertemuan kelompok kerja tersebut secara menyeluruh.

Dijelaskan Sanusin, saat ini tenaga pendidik khususnya guru harus meningkatkan kemampuan serta kualitas dalam menyerap maupun mengaplikasikan ilmu yang diperoleh. Agar bisa diterapkan kepada siswa, sehingga menghasilkan pelajar yang berkompoten.

“Guru sekarang harus memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran, berupa kepribadian yang cakap, bersosial dan profesional,” bebernya.

Sanusin berharap melalui kegiatan tersebut, para guru dapat mengikuti dengan baik dan dapat menyerap setiap ilmu yang disampaikan oleh pemateri. Agar bisa diaplikasikan kepada siswa.

“MGMP dilaksanakan untuk memotivasi guru, guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan dan membuat evaluasi program pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu guru profesional,” harapnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *