Kota Bima Peringati HUT NTB ke-58

Kota Bima, Kahaba.- Pemenerintah Kota Bima melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang ke-58 di halaman kantor Walikota Bima Sabtu, (17/12). Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin, bertindak selaku inspektur upacara, sementara Ketua DPRD Kota Bima Feri Sofiyan, sebagai pembaca naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Upacara HUT NTB ke-58 tingkat Kota Bima. Foto: Hum

Wakil Walikota saat membacakan sambutan Gubernur NTB H. Zainul Majdi mengajak masyarakat NTB untuk mensyukuri sejumlah pencapaian yang telah diraih oleh Provinsi NTB setahun terakhir. NTB tetap mempertahankan status sebagai daerah lumbung pangan nasional. Dari produksi beras nasional sebesar 1,3 juta ton pada tahun 2015, NTB mampu menyangga kebutuhan nasional sebesar 700 ribu ton.

Produksi perikanan budidaya yang menjadi andalan NTB juga meningkat pada tahun 2015 sebesar 1,3 juta ton, dari produksi sebesar 1,07 juta ton pada tahun 2014. Sedangkan produksi rumput laut meningkat 19,17% dari tahun 2014, menjadi 918,02 ribu ton pada tahun 2015. Demikian halnya ekspor mutiara pada tahun 2015 senilai USD 1,6 juta, meningkat dari tahun 2014 yang senilai USD 1,05 juta.

Sektor pariwisata juga menunjukkan capaian yang terus menggembirakan. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara tahun 2015 sebanyak 2,2 juta orang, meningkat dari 1,6 juta pada tahun 2014.

“Berbagai kemajuan dan prestasi ini berdampak signifikan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai indikator, antara lain pertumbuhan ekonomi daerah NTB selama tahun 2015 dan sampai pertengahan 2016 meraih posisi tertinggi secara nasional,” ujarnya.

Upacara HUT NTB ke-58. Foto: Hum

Kata Wakil Walikota Bima, Provinsi NTB ditetapkan pula sebagai “top mover” selama dua tahun berturut-turut dalam akselerasi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia. Dalam hal laju pencapaian Millenium Development Goals (MDG’s), NTB mendapat pengakuan internasional dengan diikutsertakannya NTB dalam berbagai pengalaman dengan negara lain di forum pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa beberapa waktu yang lalu.

NTB juga mendapat kepercayaan sebagai penyelenggara event-event nasional dan internasional, seperti Hari Pers Nasional, Musabaqah Tilawatil Qur’an, Konferensi Ulama Internasional, peringatan Hari Anak Nasional, dan terakhir bulan lalu sebagai tuan rumah penyelenggaraan Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional.

“Selama tahun 2016 tidak kurang dari 18 duta besar negara sahabat datang berkunjung. Terakhir kita kedatangan para duta besar Timur Tengah, termasuk Presiden Islamic Development Bank (IDB) yang berkunjung ke NTB dengan niatan ingin melihat dari dekat potensi serta peluang kerjasama pembangunan dengan nusa tenggara barat. Momentum ini hendaknya dijaga dan terus dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Kata Arahman, Gubernur NTB juga berpesan kepada seluruh jajaran pemerintahan daerah dan seluruh komponen masyarakat, agar terus bekerja penuh semangat, mengerahkan kemampuan secara optimal untuk melayani masyarakat dan jauhi sikap-sikap yang merendahkan martabat. Junjung tinggi integritas, profesionalisme dan kejujuran.  Para pemuda, pelajar dan mahasiswa, diminta untuk memanfaatkan waktu untuk bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, hindari pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba.

Usai upacara, dilaksanakan penyerahan bantuan kendaraan roda tiga pengangkut sampah yang merupakan bantuan dari OXFAM dan Lembaga Pengembangan Partisipasi Demokrasi dan Ekonomi Rakyat (LP2DER) sebagai dukungan operasional Bank Sampah Kelurahan Sarae. Penyerahan dilakukan oleh Direktur LP2DER Bambang Yusuf kepada Wakil Walikota. Wakil Walikota dan Ketua DPRD Kota Bima selanjutnya menyerahkan kepada Manajer Bank Sampah Kelurahan Sarae Qadafi.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *