44 Peserta Pramuka Kota Bima Ikut Raimuna Daerah

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 44 anggota pramuka penegak Kota Bima mengikuti kegiatan Raimuna Daerah tingkat Provinsi NTB. kegiatan tersebut digelar di Desa Karang Bayan Kabupaten Lombok Barat, selama tujuh hari (18-24/12).

Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bima, Yun Kamaruddin. Foto: Istimewa

Sekretaris Kwarcab Pramuka KOTA Bima, Yun Kamaruddin menjelaskan, Raimuna daerah merupakan pertemuan pramuka penegak dan pramuka pandega, dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir gerakan pramuka.

“Pelaksanaan secara umumnya, Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat kwartir ranting hingga ke tingkat nasional,” ujarnya, Senin (19/12).

Pelaksanaan Raimuna daerah dilaksanakan tiga tahun dalam sekali, setelah sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pelaksanaan Raimuna ranting (tingkat kecamatan) dan Raimuna cabang (tingkat kota/kabupaten). Sehingga bagi 47 peserta yang terpilih mewakili Kota Bima tersebut, telah melalui tahapan Raimuna tingkat kecamatan maupun kota.

“Seluruh peserta pramuka yang dikirim, merupakan putra-puteri terbaik daerah, untuk mewakili Kota Bima,” tuturnya.

Dalam pelaksanaan Raimuna daerah tersebut sambung Yun, seluruh peserta wajib mengikuti arahan serta aturan yang ditetapkan oleh panitia, karena semua kegiatan tersebut akan ada penilaian dari tim juri. Pelaksanaan agenda tersebut turut juga dirangkaikan dengan kegiatan keagamaan, lomba keterampilan, wawasan kebangsaan, dan pariwisata.

Kedepannya kata Yun, melalui kegiatan tersebut diharapkan siswa dapat menyerap semua materi dan arahan yang telah diberikan. Agar dalam pelaksanaannya, siswa mampu mengaplikasikan dilapangan. Sehingga membawa pulang prestasi buat daerah, dan membawa nama harum Kota Bima.

“Dengan prestasi gemilang, maka tahapan dan proses pembinaan yang kita lakukan telah berhasil. Untuk itu, saya atas nama Kota Bima meminta dukungan dan doa kepada masyarakat, agar siswa dapat membawa hasil maksimal di kancah provinsi,” harapnya.

Ditambahkan Yun, selain Raimuna daerah, Kota Bima juga telah memberangkatkan 19 peserta untuk mengikuti lomba tingkat empat pramuka penggalang. Seluruh pesertanya diwakili siswa MTsN 1 Kota Bima, yang diselenggarakan arena Jaka Mandala Kota Mataram.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *