BPK NTB Bertandang ke Kantor Redaksi Kahaba.net

Kota Bima, Kahaba.- Dua orang pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi NTB, masing-masing Kepala Sub Bagian Humas dan Tata Usaha Sinta dan staf Wulan bertandang ke Kantor Redaksi Media Online Kabar Harian Bima (Kahaba.net), Kamis (29/12) sore. Kunjungan  tersebut dalam rangka silahturahim dan menjalin kemitraan dengan media di Bima.

Dua anggota Badan BPK Perwakilan Provinsi NTB bersama kru Kahaba.net. Foto: Noval

Sinta menjelaskan maksud kedatangan mereka mewakili kepala BPK Perwakilan Provinsi NTB yang berhalangan hadir. Kata dia, karena latar belakang kepala BPK Perwakilan Provinsi NTB dari bagian Humas, mereka  ingin menjalin hubungan baik dan kemitraan dengan media.

“Pak Kepala menitipkan pekerjaan ini kepada kami berdua untuk mengunjungi Sumbawa dan Bima. Di Bima, kami mendatangi kantor Kahaba.net dan Media Radar Tambora,” sebutnya.

Ia menuturkan, beberapa pekan lalu BPK Perwakilan Provinsi NTB melakukan survei, saat acara Car Free Day, dan membagikan 150 Kuesioner persepsi masyarakat tentang BPK. Hasilnya begitu mencengangkan, karena belum semua masyarkaat tahu tentang BPK.

“Banyak yang belum tahu tentang BPK. Ada yang bilang BPK itu setara dengan KPK dan ada yang menyebut BPK itu laporannya diserahkan ke masing – masing kepala sekolah,” tuturnya.

Berdasarkan fenomena tersebut, disimpulkan ternyata banyak masyarakat yang belum mengenal BPK. Kemudian terpikir salah satu cara agar BPK lebih dikenal oleh masyarakat yakni dengan membidik media. Baik itu media cetak maupun online.

“Kami merasa yakin, dari media BPK berikut dengan tugas dan kewenangannya bisa lebih dikenal oleh masyarakat kekinian,” katanya.

Kemudian yang berikutnya sambung Sinta, ia ingin sampaikan bahwa usai penyerahan hasil laporan oleh BPK, secara general, pihaknya mengadakan Media Workshop. Rencananya, dari kegiatan tersebut media diundang untuk mendengarkan secara utuh penjelasan dari BPK.

Di Media Workshop juga nanti akan dikeluarkan press rilis, dijelaskan semua temuan – temuan yang signifikan, yang harus ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.

“Nah, disinilah peran media juga kami anggap sangat penting. Bisa mempublikasikan kepada masyarakat tentang hasil temuan tersebut,” tandasnya.

Untuk itu, dirinya berharap kepada media di Bima nanti bisa hadir jika sewaktu-waktu diundang oleh BPK Perwakilan Provinsi NTB saat kegiatan Media Workshop. Karena, dengan bantuan media tindak lanjut pemerintah daerah dari hasil temuan tersebut bisa lebih cepat.

“Saat Workshop nanti teman – teman media bisa lebih banyak bertanya tentang apa saja tugas dan kewenangan BPK. Juga persoalan – persoalan yang terjadi di daerah yang berkaitan dengan kinerja BPK,” tambahnya.

Kedatangan anggota BPK Perwakilan Provinsi NTB disambut baik oleh kru Kahaba.net. pimpinan Kahaba.net Faharudin menyampaikan, soal kinerja BPK terutama hasil temuan memang perlu adanya publikasi yang utuh. Agar masyarakat bisa mengetahui dan mengawasi hasil pengelolaan keuangan di pemerintah daerah.

“Selama ini, jangankan masyarakat, media saja yang ingin mendapatkan hasil temuan di pemerintah daerah tidak diberikan akses yang mudah,” ungkapnya.

Faharudin juga menyambut gembira rencana BPK mengundang media saat Media Workshop nanti. Karena, akan banyak pertanyaan yang mewakili masyarakat tentang hasil temuan dan indikator penilaian tentang predikat pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

“Kami berharap, saat Media Workshop nanti banyak perwakilan media di Bima yang diundang. Karena semakin banyak, keinginan BPK menginformasikan soal kinerja dan hasil temuan bisa maksimal tersampaikan kepada masyarakat,” tambahnya.

*Kahaba-02

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *