Pasca Banjir, Desa Pesa Kekurangan Air Bersih

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dampak banjir bandang yang terjadi Rabu dan Jum’at (21,23/12) menyisakkan berbagai masalah baru, diantaranya krisis air bersih yang terjadi di Desa Pesa Kecamatan Wawo.

Kades Desa Pesa Rudi Hartono. Foto: Firman

Pipa air bersih yang selama ini digunakan oleh masyarakat setempat telah rusak dihantam oleh derasnya arus banjir. Praktis keadaan ini menjadikan air bersih di Desa Pesa mengalami kekurangan.

Kades Desa Pesa Rudi Hartono mengatakan, dua dusun yang ada di Desa Pesa pasca banjir mengalami krisis air bersih. Air yang masyarakat gunakan selama ini mengalami kerusakan akibat hantaman derasnya arus banjir.

“Pipa yang digunakan untuk mengairi air bersih yang sumbernya di kali Dusun Kawae Desa Maria Utara diduga hanyut banjir,” ujarnya.

Sementara itu, masyarakat setempat untuk menutupi kebutuhan air bersih mengandalkan air yang sumbernya dari sumur warga setempat dan jumlahnyapun terbatas.

Rudi berharap pihak pengelola bisa mengatasi masalah ini, supaya masyarakat bisa menikmati kembali air bersih seperti semula.

“Sumber mata air di Desa ini terbatas, sehingga masyarakat berharap pada sumber air yang sudah ada ini,” pintanya.

*Kahaba-08

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *