Bawang Bantuan Pemerintah Rusak, Petani Rugi Ratusan Juta

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pasca ditanam beberapa waktu lalu, bibit bawang merah bantuan Pemerintah Kabupaten Bima untuk kelompok tani di Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima rusak total. Bawang rusak karena siang malam diguyur hujan.

Petani bawang di Sai dan Sampungu panen. Foto: Noval

Seperti yang diakui Nurdin, Senin (02/01/2017) sore saat menghubungi Kahaba. Beberapa waktu lalu, hanya sebagian bawang bantuan pemerintah yang ditanam petani. Tapi, pasca diguyur hujan sepekan terakhir, semuanya rusak total.

“Bisa dicek langsung ke Sampungu,” kata Nurdin.

Akibatnya, kerugian petani diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Kerugian itu akibat biaya obat-obatan yang mahal.

“Hanya yang rezekinya lebih bisa mendapatkan hasil tani bawang merah yang bagus kalau dimusim hujan seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sampungu Yusran membenarkan bawang bantuan pemerintah yang ditanam sudah banyak yang tidak bisa diselamatkan.

“Dari pantauan saya, masih ada satu hingga dua orang petani yang masih beruntung. Luar daripada itu, rusak total,” katanya singkat, Senin (02/01/2017) sore saat dihubungi Kahaba.

*Kahaba-02

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *